Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Susut, Segini Jumlah Anggaran Untuk Terminal Gayatri

21 Maret 2019, 14: 06: 59 WIB | editor : Retta wulansari

BELUM BERUBAH: Suasana shelter pemberangkatan penumpang di Terminal Gayatri, Rabu (20/3).

BELUM BERUBAH: Suasana shelter pemberangkatan penumpang di Terminal Gayatri, Rabu (20/3). (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

TULUNGAGUNG – Pengelola Terminal Gayatri dituntut jeli untuk memanfaatkan dana pemeliharaan yang tersedia. Sebab, pagu anggaran yang tersedia tahun ini mengalami penyusutan dibanding tahun lalu. Jika pada 2018 mendapat Rp 120 juta, tahun ini tinggal Rp 80 juta. Alhasil, mereka lebih memprioritaskan perbaikan sarana prasarana (sarpras) yang harus mendapatkan penanganan sesegera mungkin.

Kepala Terminal Gayatri, Dukut Siswantoyo mengatakan, pihaknya sebenarnya memiliki program untuk membuat suasana terminal tipe A di Jalan Yos Sudarso itu lebih indah. Namun untuk tahun ini hampir bisa dipastikan hal tersebut belum bisa terealisasikan semua. Sebab, belum ada cukup anggaran untuk merealisasikannya. “Baru ada dana pemeliharaan yang jumlahnya tidak seberapa,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya Rabu (20/3).

Menurut dia, pagu dana pemeliharaan hanya sebesar Rp 80 juta. Artinya, mengalami penurunan sebesar Rp 40 juta dibanding tahun lalu yang sebesar Rp 120 juta. Dia pun harus memanfaatkan semaksimal mungkin dana yang tersedia agar mencukupi. “Makanya kami harus memilih mana yang masuk prioritas utama,” jelasnya.

Pria asal Kediri ini melanjutkan, dana yang ada bakal dipergunakan untuk memperbaiki talang dan memberi sedikit sentuhan pada gerbang masuk di sisi timur. Memang ada talang yang bocor dan harus segera diperbaiki karena bisa berpengaruh pada kenyamanan para penumpang yang hendak berangkat ke kota tujuan. “Apalagi ini masih musim hujan. Harus segera diperbaiki agar air hujan tidak meluber hingga peron penumpang,” jelasnya.

Dukut, sapaan akrabnya mengakui, pihaknya memang belum bisa berbuat apa-apa saat alih status aset masih dalam proses. Jika semua sudah final, tentu bakal semakin banyak anggaran yang dikucurkan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan ke Terminal Gayatri. “Tahun lalu saja sebenarnya ada dana Rp 8 miliar, tapi tak jadi diterima karena hal di atas tadi,” tandasnya.

(rt/did/rak/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia