Selasa, 22 Oct 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Periksa Rongga Mulut dan Gigi Anda, Diabetes Bisa Dideteksi dari Sana

22 Maret 2019, 09: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

CEK KESEHATAN: Salah satu pasien ketika melakukan pemeriksaan gigi dan rongga mulut di Puskesmas Ngantru Rabu (20/3).

CEK KESEHATAN: Salah satu pasien ketika melakukan pemeriksaan gigi dan rongga mulut di Puskesmas Ngantru Rabu (20/3). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Kesehatan gigi dan rongga mulut dapat menjadi salah satu cermin kondisi kesehatan tubuh. Namun tak jarang, masyarakat cenderung mengabaikan. Padahal ada beberapa penyakit yang dapat dideteksi dari kondisi kesehatan gigi dan mulut. Salah satunya penyakit diabetes melitus (DM).

Penanggung Jawab Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Puskesmas Ngantru, drg Lilis Indrawati membenarkan hal itu. “Ada beberapa penyakit yang manifestasi atau tanda dan gejalanya terlihat di rongga mulut. Jadi, kesehatan rongga mulut juga sama pentingnya dengan yang lain,” terangnya Rabu (20/3).

Gejala penyakit seperti DM dapat terlihat dari radang jaringan penyangga gigi. Diabetes dapat memicu radang semakin parah dan mengakibatkan gigi goyang dan tanggal.

Wanita ramah ini menjelaskan, rata-rata pasien diketahui mengidap diabetes setelah mengeluh mengalami permasalahan pada gigi dan mulut. “Rata-rata pasien datang ke sini dengan gangguan kesehatan gigi. Setelah diperiksa lebih lanjut dan tes gula darah, ternyata diabetes. Memang berkaitan,” ujarnya.

Tak hanya pada penderita diabetes, ibu hamil (bumil) juga wajib melakukan pemeriksaan gigi. Ini karena pada usia kehamilan enam bulan, benih gigi pada bayi mulai tumbuh. Jadi memerlukan kalsium ekstra. Jika bumil kekurangan kalsium, dikhawatirkan sang anak rentan terkena karies gigi dan gangguan kesehatan lain.

Untuk itu, diimbau bagi bumil untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jika tidak, bakteri yang ada dalam mulut calon ibu berisiko tinggi untuk masuk dalam aliran darah dan ikut hanyut terbawa hingga plasenta sehingga dapat mengganggu kesehatan janin.

(rt/did/nda/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia