Selasa, 15 Oct 2019
radartulungagung
icon-featured
Politik

Tindakan Bawaslu Jika ASN Terbukti Terlibat Dalam Kampanye Pemilu 2019

22 Maret 2019, 15: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

BLITAR KOTA - Mendekati masa kampanye lapangan Pemilu 2019, beberapa lembaga terkait terus melakukan pengawasan. Pengawasan diutamakan aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil. Yang pasti, pengawasan akan dilakukan oleh Bawaslu.

Jika ada temuan di lapangan ataupun laporan dugaan keterlibatan ASN dalam kampanye, Bawaslu akan menyelidiki dan mengklarifikasinya kepada ASN yang bersangkutan. Jika terbukti terlibat, Bawaslu akan melaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN).

Mekanisme pelaporan itu, jelas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar Suyoto, yakni dengan melayangkan surat ke KASN. Bawaslu berkirim surat terkait dugaan keterlibatan ASN yang bersangkutan dalam politik praktis. “Setelah itu, KASN nanti akan mengkaji laporan itu. Lalu menerbitkan rekomendasi kepada wali kota, bupati, hingga gubernur. Lalu, ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Nantinya bila terbukti, ada sanksi bagi ASN. Sanksinya sesuai dengan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Dalam aturan itu, sanksi diberikan sesuai tingkat pelanggarannya. “Tahapan sanksi tetap sama dengan pelanggaran disiplin. Tapi dilihat dulu status perkara atau tingkat kesalahannya itu seperti apa,” ungkap pria ramah ini.

(rt/abd/kan/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia