Selasa, 18 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Kamu Pemilih Pemula? Lakukan Hal Ini Untuk Dapat Menggunakan Hak Pilih

di Pemilu 2019 Mendatang

23 Maret 2019, 03: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SUDAH 17 TAHUN: Pegawai Dispendukcapil Trenggalek perekaman e-KTP bagi pemula di SMAN 1 Karangan.

SUDAH 17 TAHUN: Pegawai Dispendukcapil Trenggalek perekaman e-KTP bagi pemula di SMAN 1 Karangan. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK - Pekerjaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Trenggalek bakal semakin berat pada tahun politik 2019 ini. Pasalnya, salah satu syarat masyarakat untuk mengggunakan hak pilihnya adalah memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Tak ayal, berbagai inovasi harus dilakukan untuk melaksanakan hal tersebut, khususnya perekaman e-KTP bagi pemilih pemula. Salah satunya jemput bola ke sekolah (SMA/sederajat, Red).

Namun sayang, hal tersebut ternyata tidak bisa dilakukan dengan mudah. Mengingat selama ini dari seluruh SMA sederajat di Trenggalek, hanya empat sekolahan yang telah dilakukan perekaman. Dari jumlah tersebut, didapatkan sekitar 450 pemilik e-KTP baru, yang paling banyak terdapat di SMAN 1 Karangan dengan jumlah lebih dari 250 pemilik e-KTP baru. “Sekitar satu minggu lalu, saya telah sosialisasi ini dan dari situ sementara ini masih empat sekolah yang memberikan respons,” ungkap Kepala Dispendukcapil Trenggalek Djoko Wasono, melalui Kasi Pindah Data, Subagyo Darsono.

Dia melanjutkan, hal itu perlu dilakukan karena kini banyak sekali berbagai persyaratan yang harus mencantumkan kepemilikan e-KTP, seperti Pemilu 2019 ini. Mengingat data pada e-KTP sudah dipastikan ketunggalannya. Jadi dimasukkan menjadi salah satu syarat bagi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini. “Karena itulah, kami melakukan berbagai inovasi untuk melakukan percepatan perekaman, khususnya pada masyarakat yang baru melakukan perekaman,” katanya.

(rt/dre/zak/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia