Senin, 21 Oct 2019
radartulungagung
icon-featured
Ekonomi

Menguntungkan, Usaha Ini Bisa Hasilkan Omset Hingga Tiga Kali Modal

24 Maret 2019, 09: 45: 59 WIB | editor : Retta wulansari

UNIK: Bentuk dan desain paper quiling buatan Windy yang  digunakan untuk kado ulang tahun, wisuda, dan lainnya.

UNIK: Bentuk dan desain paper quiling buatan Windy yang digunakan untuk kado ulang tahun, wisuda, dan lainnya. (SITI NURUL LAILIL M, WINDY FOR RATU)

TULUNGAGUNG - Kini bisnis crafting atau ketrampilan tangan semakin banyak dilirik anak muda. Salah satu crafting yang bermodal murah yaitu paper quilling.

Untuk modal, Windy Hardiati, salah satu yang menggeluti bisnis paper quilling mengatakan, dia hanya mengeluarkan kurang lebih sebesar Rp 1 juta. Itu digunakan beli bahan seperti kertas, lem, dan pigura. Karena masih pengerjaan sendiri, Windy membatasi pesanan.

Terkadang dia mendapatkan lebih dari 10 pesanan per bulan. Tapi bisa lebih ketika musim wisuda datang. Sedangkan harga dipatok mulai dari Rp 60 ribu hingga ke atas tergantung kerumitan desain. Jika ditanya omset, kata Windy, bisa diterima dua hingga tiga kali dari modal awal. "Kalau pengerjaannya sih bisa lebih dari dua jam. Tergantung kerumitannya. Apalagi kerajinan ini membutuhkan ketelatenan karena harus menggulung kecil-kecil dan dibentuk sedemikian rupa," jelasnya.

Windy menambahkan, untuk bisa menjalankan bisnis crafting itu harus berinovasi yang berbeda dan unik dengan lainnya. Meskipun itu merupakan satu jenis kerajinan.

Selain itu, juga harus lebih mengunggulkan kualitas. Misalnya memberikan desain yang lebih rapi, unik, juga pastinya tahan lama. "Desain kita unik dan kualitasnya lebih rapi. Pokoknya beda dari yang lain. Pastinya itu akan menarik pelanggan untuk beli ke kita," tandasnya. 

(rt/lai/dre/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia