Minggu, 15 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Disbudpar Trenggalek Tetapkan 6 Klaster Wisata Untuk Sedot PAD

24 Maret 2019, 15: 30: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

INDAH: Suasana Pantai Prigi jelang sore hari. Prigi masuk dalam klaster wisata di area Watulimo.

INDAH: Suasana Pantai Prigi jelang sore hari. Prigi masuk dalam klaster wisata di area Watulimo. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TULUNGAGUNG.ID)

 TRENGGALEK -  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek tetapkan enam klaster kawasan wisata. Ini sebagai upaya mempermudah wisatawan menikmati destinasi wisata di Kota Keripik Tempe. Namun, ada tanggung jawab besar yang dipikul dinas penghasil ini. Yakni meningkatkan ekonomi masyarakat dari sektor wisata.

"Kami juga berharap demikian. Tidak hanya berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), tapi juga perbaikan kesejahteraan masyarakat di sekitar," ungkap Plt Kadisparbud Trenggalek Sunyoto.

Enam  kawasan wisata ini, menurut Sunyoto, meliputi klaster Munjungan, Trenggalek-Bendungan, Bendungan Tugu, Kampak-Gandusari, Panggul-Dongko, dan Watulimo.

Dia mengatakan, destinasi yang disajikan di enam klaster tersebut tidak hanya soal wisata, tapi juga kebudayaan. Misal, budaya larung sembunyo dan sejumlah tradisi lain yang diharapkan bisa mendongkrak pariwisata. "Kita juga kolaborasikan dengan wisata-wisata buatan atau wisata desa. Semisal bukit banyon, tebing linggo, putei maron, dan sebagainya," kata dia.

(rt/muh/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia