Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Wisata Desa MiIiki Andil Tingkatkan Daya Tarik Kunjungan ke Trenggalek

24 Maret 2019, 16: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

INDAH: Suasana Pantai Prigi jelang sore hari. Prigi masuk dalam klaster wisata di area Watulimo.

INDAH: Suasana Pantai Prigi jelang sore hari. Prigi masuk dalam klaster wisata di area Watulimo. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TULUNGAGUNG.ID)

TRENGGALEK- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek taka menampik wisata desa juga memiliki andil yang lumayan dalam peningkatan daya tarik kunjungan di Trenggalek.

Plt Kadisparbud Trenggalek Sunyoto mengatakan,  ada sekitar 20 persen dari jumlah kunjungan wisata Trenggalek. Artinya, jika ada sekitar 900 ribu kunjungan wisata selama satu tahun, ada hampir 200 ribu pengunjung yang mampir ke destinasi wisata desa atau wisata buatan masyarakat. Hal ini menunjukkan, masyarakat sudah memiliki kemampuan menyajikan hiburan atau wisata yang menarik.

Dia mengakui, bukan hal mudah memberikan perhatian maksimal terhadap enam klaster wisata tersebut. Ini berkaitan dengan kemampuan keuangan daerah. Kendati begitu, pihaknya meyakinkan, secara bertahap akan dilakukan perbaikan dan pembenahan sarana dan prasarana wisata sehingga memicu kenyamanan pengunjung wisata. "Syukur setiap tahun kita memiliki progres atau kontribusi ke daerah yang terus meningkat, meskipun belum bisa melampaui target yang ditetapkan," paparnya.

Sebelumnya, Sunyoto juga menyampaikan target yang dipikul tahun ini lebih besar dari sebelumnya. Yakni Rp 12 miliar atau bertambah sekitar Rp 3 miliar dari tahun 2018 lalu.

Realisasi pendapatan dari sektor wisata di 2018 lalu masih berselisih sekitar Rp 700 juta dari target yang ditetapkan. Dinas di Jalan Brigjend Soetran ini mengumpulkan pendapatan sekitar Rp 7,3 miliar dari target pendapatan Rp 8 miliar.

(rt/muh/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia