Selasa, 17 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Waspadai Dampak, Jika Anda Mengonsumsi Cokelat Secara Berlebihan

25 Maret 2019, 03: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

MANIS: Seorang wanita menggigit cokelat batangan.

MANIS: Seorang wanita menggigit cokelat batangan. (AYU FEBRIANA ANUGRAHINI/RADARTULUNGAGUNG.ID)

 BLITAR KOTA- Hampir semua orang suka makan cokelat. Banyak pula yang beranggapan, ketika mengonsumsinya, hati menjadi senang.

Meski cukup banyak memberikan manfaat, cokelat juga bisa berakibat buruk. Terlebih jika dikonsumsi berlebihan. Beberapa di antaranya meningkatkan berat badan. “Jika kita makan cokelat terlalu sering, besar kemungkinan berat badan akan naik. Bahkan, dikhawatirkan akan meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes penyakit jantung serta hipertensi,” kata ahli gizi di rumah sakit terkemuka di Kota Blitar, Endarwati Diah Kusumaningsih.

Kebanyakan produk cokelat di pasaran tinggi kandungan gula. Terlalu banyak mengonsumsi gula memicu berbagai penyakit. Salah satunya diabetes.

Terlalu sering mengonsumsi cokelat juga bisa berakibat gangguan pencernaan. Sebab, cokelat juga mengandung kafein, sama seperti kopi. Kafein ternyata bersifat stimulan bagi usus. Jika dikonsumsi dengan berlebihan, bisa iritasi usus dan memicu diare.

Cokelat memiliki kadar kalium tinggi. Meski terlihat baik, tingginya kadar kalium bisa membahayakan pengidap penyakit ginjal. Sebab, bisa membuat kondisi kesehatannya semakin memburuk.

(rt/abd/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia