Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Daftar Partai Di Trenggalek yang Dicoret Dari Peserta Pemilu 2019

25 Maret 2019, 04: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

ILUSTRASI

ILUSTRASI

 TRENGGALEK – Tidak menyampaikan laporan awal dana kampanye (LADK) hingga batas waktu yang ditentukan, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Trenggalek dicoret dari peserta Pemilu 2019 oleh KPU.

"PKPI dikeluarkan dari peserta pemilu. Kami juga menerima salinan keputusan KPU RI itu," ungkap Farid Wajdi, anggota Komisioner Bawaslu Trenggalek, Sabtu (24/3).

Pengeluaran dari peserta pemilu oleh KPU ini hanya berlaku lokal atau kedaerahan. Artinya, PKPI Trenggalek saja yang dikeluarkan dari peserta Pemilu 2019. Karena hingga batas waktu yang ditentukan, yang bersangkutan tidak menyampaikan LADK sebagai mana regulasi yang sudah ditetapkan. "LADK ini disampaikan maksimal 14 hari sebelum kampanye rapat terbuka, tanggal 24 besok kan sudah masuk kampanye terbuka," tuturnya.

Dia mengungkapkan, ada dua partai politik peserta Pemilu 2019 yang sedikit terkendala persoalan laporan dana kampanye. Baik itu terkait dengan LADK dan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK). Yakni PKPI dan Partai Garuda.

Beberapa waktu lalu, Bawaslu Kabupaten Trenggalek membawa ketidakpatuhan administrasi di Trenggalek ini ke Bawaslu Provinsi. Bawaslu pun menggelar sidang terkait pelanggaran administrasi ini dengan menghadirkan pihak yang bersangkutan.

Surat keputusan pengeluaran dari peserta pemilu ini ditandatangani KPU RI tanggal 21 Maret lalu. Namun hanya PKPI saja yang dikeluarkan dari peserta Pemilu 2019, sedangkan Partai Garuda melaporkan LADK pada detik-detik akhir masa penyampaian. "Kami juga dapat konfirmasi soal itu dari ketua KPU Trenggalek," tuturnya.

(rt/muh/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia