Senin, 26 Aug 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

UNBK SMK Dimulai Hari Ini, Masih Ada Sekolah yang Menumpang Ujian

25 Maret 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

LANCAR: Salah satu helpdesk melakukan sinkronisasi server sekolah ke pusat.

LANCAR: Salah satu helpdesk melakukan sinkronisasi server sekolah ke pusat. (SITI NURUL LAILIL M/RATU)

TULUNGAGUNG - Perjuangan siswa kelas XII untuk lulus belum usai. Sebab, kali ini mereka harus menghadapi ujian nasional berbasis komputer atau yang sering disebut UNBK. Padahal sebelumnya mereka selama hampir dua minggu menjalani ujian sekolah berstandar nasional (USBN).

Untuk jadwalnya, mulai hari ini, Senin (25/3) hingga empat hari ke depan akan diikuti kelompok sekolah menengah kejuruan (SMK). Ada 35 lembaga baik negeri maupun swasta yang mengikuti dengan jumlah total sekitar 6.715 peserta.

Meski seluruh lembaga sudah melaksanakan UNBK, belum semuanya bisa melaksanakan secara mandiri. “Ya, masih ada yang menumpang. Seperti di SMK YP 17 Tulungagung dan SMK Al Badar yang menumpang di SMKN 1 Boyolangu,” kata Kasi SMA, SMK, dan pembinaan pendidikan khusus dan layanan khusus (PKLK) Dinas Provinsi Jawa Timur (Jatim) Wilayah Tulungagung Subagyo.

Kondisi tersebut memang karena sekolah belum memiliki sarana dan prasarana (sarpras) yang mencukupi dalam menunjang UNBK. Misalnya, jumlah komputer yang dimiliki sekolah belum bisa memenuhi kuota peserta ujian. Mau tidak mau, sekolah harus menumpang ujian di sekolah lain yang perangkat komputernya mencukupi.

“Ada juga karena terkendala jaringan internet yang mungkin kurang maksimal sehingga terpaksa menumpang,” imbuhnya.

(rt/rak/lai/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia