Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Kondisi Tanah Masih Labil, Ruas Jalan Rawan Ambles Jika Hujan Deras

25 Maret 2019, 18: 45: 59 WIB | editor : Retta wulansari

HATI-HATI: Kondisi jalur KM 47 Trenggalek-Pacitan yang ambles dan kini hanya bisa dilalui dari satu arah.

HATI-HATI: Kondisi jalur KM 47 Trenggalek-Pacitan yang ambles dan kini hanya bisa dilalui dari satu arah. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK - Para pengguna jalan yang melalui jalan nasional Trenggalek- Pacitan di Kilometer (KM) 47 harus berhati-hati. Pasalnya, jalan yang berada di Desa Cakul, Kecamatan Dongko tersebut masih rawan ambles.

Untuk saat ini, di lokasi jalan ambles sudah dipasang rambu-rambu imbauan dan garis tanda bahaya.  Tidak menutup kemungkinan, jalan kembali mengalami ambles susulan apabila terjadi hujan deras. Sebab, kondisi tanah di jalur ini masih labil. “Kondisi tanah hampir sepanjang jalur ini merupakan tanah gerak. Ada beberapa titik jalan, aspalnya sudah retak-retak. Khawatir jika turun hujan deras, kembali ambles dan lebih parah,”ujar Bayu Prasetya, salah satu warga Desa Cakul.

Senada juga diungkapkan Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki. Dia menambahkan, berdasarkan laporan yang dihimpun, sebelum jalur nasional itu ambles pada Rabu (6/3) petang, terjadi hujan deras. Sebenarnya sebelum ambles, sebagian badan jalan sudah mengalami retak.  Secara perlahan, jalur mengalami ambles hingga akhirnya memakan separo badan jalan selebar sekitar empat meter. “Ambles sekitar pukul 18.00 WIB kemarin (Rabu, Red) secara bertahap. Sebelum ambles sudah ada retakan di aspal,” imbuhnya.

Untuk itu, kini polisi secara aktif melakukan operasi di wilayah jalan tersebut. Tujuannya untuk mengetahui seberapa parah kemacetan yang terjadi akibat longsoran tersebut. Jika diperlukan, polisi langsung melakukan pengaturan arus lalu lintas untuk memecah kemacetan. "Kini kami telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten (pemkab) terkait untuk perbaikannya agar segera dilaporkan ke Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN),” jelasnya.

(rt/did/zak/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia