Rabu, 16 Oct 2019
radartulungagung
icon-featured
Sportainment

Smartphone Stabilizer,Cocok untuk Vlogger YouTube

26 Maret 2019, 08: 15: 59 WIB | editor : Retta wulansari

CANGGIH: Hendra menunjukkan peralatan untuk menstabilkan posisi kamera ataupun smartphone saat dipakai merekam gambar.

CANGGIH: Hendra menunjukkan peralatan untuk menstabilkan posisi kamera ataupun smartphone saat dipakai merekam gambar. (AYU FEBRIANA ANUGRAHINI / RADAR BLITAR)

BLITAR -  Kecanggihan teknologi yang dijejalkan dalam smartphone terus dikembangkan. Termasuk untuk memotret dan merekam video. Seiring dengan itu, tak sedikit pula pabrikan yang membuat stabilizer khusus smartphone. Alat ini tentu saja semakin memudahkan ketika mengambil gambar mengunakan handphone (HP). Sebab, gambar lebih tenang alias tidak bergoyang-goyang.

Sebagian orang menyebut stabilizer smartphone, dengan nama gimbal. Itu bukan masalah. Sebab, penggunaannya hanya beda tipis. Namun fungsi utama, tetap untuk menstabilkan atau memudahkan untuk pengambilan gambar. Yakni mengarahkan lensa pada satu sudut, sementara yang memegang kamera dan gimbal boleh saja bergoyang.

Bisa dikatakan, ini sebagai alat penyeimbang agar posisi kamera kecil seperti GoPro, tetap menghadap ke satu arah yang dituju. Stabilizer untuk smartphone dengan fitur smart objek track, memungkinkan gimbal dapat bergerak otomatis mengikuti gerakan tubuh.

Seperti dikatakan Hendra, salah seorang pemilik toko gadget di kawasan PJKA Kota Blitar. Memakai smartphone stabilizer seperti memiliki kameramen pribadi yang selalu mengikuti pergerakan Anda. “Cocok untuk webcasting dan vlogger YouTube,” ujarnya.

Alat tersebut mengubah ponsel menjadi kamera yang bisa digunakan untuk pembuatan film profesional. Membantu membuat rekaman gambar yang lebih stabil, meski hanya memakai ponsel. Desain panel kontrol pada smartphone stabilizer, memudahkan pemakainya. Mengurangi kebutuhan untuk menyentuh layar. Selain itu, membantu mengontrol stabilizer dan kamera ponsel langsung dengan tombol hot-key.

Stabilizer dapat diisi daya dengan portabel, sedangkan smartphone bisa diisi oleh stabilizer melalui port USB yang tersedia. Pengisian dua arah dapat terjadi bersamaan. Dengan begitu, waktu penggunaan bisa lebih lama.

Selain itu, dapat digunakan bersama dengan banyak aksesori. Misalnya, lampu LED dan lensa kamera.

(rt/whe/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia