Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Empat Siswa di SMKN 2 Trenggalek Absen

26 Maret 2019, 20: 10: 59 WIB | editor : Retta wulansari

TIDAK BOLEH MASUK : Peserta UNBK di SMKN 2 Trenggalek sesi kedua ketika mengerjakan soal Bahasa Indonesia.

TIDAK BOLEH MASUK : Peserta UNBK di SMKN 2 Trenggalek sesi kedua ketika mengerjakan soal Bahasa Indonesia. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK-  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMK digelar serentak tak terkecuali di Kota Keripik Tempe Senin (25/3). Hal yang ditakutkan pihak sekolah yakni pemadaman listrik.  

Berdasarkan pantauan radartulungagung.id di sekolah tersebut, seperti pelaksanaan pada tahun sebelumnya, tahun ini UNBK dilakukan tiga sesi. Sehingga, setiap peserta memasuki enam ruangan yang disiapkan secara bergantian, mulai pukul 07.00. “Untuk pelaksanaan tahun ini praktis tidak ada kendala berarti, mungkin pemerintah pusat telah memperbaiki seluruh komponen yang ada,” ungkap Wakasek Kurikulim SMKN 2 Trenggalek Subuh Triyasa.

Dia melanjutkan, hal itu terlihat mulai dari pelaksanaan sinkronisasi pada Rabu (20/3) lalu. Saat itu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang harus menunggu waktu sinkronisasi lancar hingga tengah malam. Untuk saat ini ketika jadwal proses sinkronisasi langsung berjalan. Hal tersebut juga terjadi ketika peserta akan melaksanakan ujian pada sesi pertama.“Biasanya pada sesi pertama token telat muncul beberapa menit, namun untuk saat ini ketika waktu mulai token langsung muncul,” tuturnya.

Sedangkan, untuk jumlah peserta, dipastikan dari 574 peserta yang terdaftar, empat di antaranya absen. Alasannya satu peserta beberapa bulan lalu meninggal karena kecelakaan, serta tiga peserta menyatakan mengundurkan diri. Selain itu, dari jalannya pelaksanaan ada satu peserta yang izin lantaran sakit. Peserta yang izin tersebut akan UNBK susulan pada Kamis (15/4) lalu. “Semoga saja tidak ada kendala dalam proses pelaksanaanya, sehingga peserta di sini yang mengikuti UNBK dapat lulus,” harapannya.

Dikonfirmasi terpisah Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan (Cabdispendik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) wilayah Tulungagung-Trenggalek Subagyo menambahkan, terkait UNBK sendiri praktis tidak ada masalah yang berarti. Sehingga hal tersebut dapat diatasi ketika teknisi di masing-masing sekolah masuk untuk memperbaikinya. Sedangkan, jumlah siswa yang absen, Senin (25/3)  Cabdispendik, masih menunggu laporan dari masing-maing rayon. “Sesi terakhir selesai pada sore hari, mungkin petugas di masing sub rayon masih mengecek dan belum mengirim laporan ke kami,” jelasnya. 

(rt/zak/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia