Selasa, 12 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Aliran Listrik Sempat Padam Dalam Pelaksanaan UNBK di SMK Sore

26 Maret 2019, 21: 15: 59 WIB | editor : Retta wulansari

FOKUS : Siswa kelas XII saat mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Senin (25/3).

FOKUS : Siswa kelas XII saat mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Senin (25/3). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Sejumlah kendala teknis mewarnai ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMK, hari pertama Senin (25/3). Termasuk yang terjadi di SMK Sore Tulungagung. Putusnya aliran listrik 10 menit jelang ujian, membuat pelaksanaan ujian mundur hingga 30 menit.

Kepala SMK Sore, Masdugi, melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK Sore, Mohamad Habib Ahsan mengaku, meski telah teratasi, peristiwa tersebut menyebabkan sejumlah siswa rugi waktu. “Pukul 05.30 kami sudah cek dan standby, hasilnya semua aman dan ready to use. Namun sekitar 10 menit jelang ujian tiba-tiba mati,” terangnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim teknis, dan melakukan konfirmasi pada PLN, ternyata gardu induk PLN yang berada di utara sekolah mati. Sehingga yang berdampak tidak hanya sekolah saja melainkan warga sekitar juga terkena. Akibatnya pelaksanaan ujian nasional yang seharusnya terlaksana pukul 07.30 mundur hingga pukul 08.00. “Sebagian komputer mati, jadi yang nyala hanya separo pada setiap ruangan,” urainya.

Meski sempat mengalami keterlambatan 30 menit pada sesi 1, namun ujian tetap berjalan tertib hingga masuk sesi 2. Bahkan siswa mampu menyelesaikan tepat waktu. Sehingga pada ujian sesi 2 tetap terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Tak ingin peristiwa yang sama terjadi lagi, sekolah pihaknya memutuskan melakukan sewa genset. “Kami berkoordinasi dengan cabang dinas dan sub rayon 03, dipastikan mulai besok (hari ini, Red) hingga berakhirnya ujian kami menyewa genset, meski ada jaminan dari PLN tapi kami tidak mau peristiwa serupa terulang,” terangnya.

(rt/nda/did/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia