Minggu, 26 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar
Diikuti Ratusan Calon PMI

BRI Cabang Blitar Gelar Gathering dan Edukasi Keuangan

Kenalkan Produk KUR TKI dan Simpedes TKI

26 Maret 2019, 19: 16: 29 WIB | editor : Didin Cahya FS

PEDULI: Kepala Cabang BRI Blitar Anis Abdul Hakim (lima dari kanan) berfoto bersama calon PMI usai penyerahan buku tabungan Simpedes TKI di PT Asa Jaya Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Selasa (26/3).

PEDULI: Kepala Cabang BRI Blitar Anis Abdul Hakim (lima dari kanan) berfoto bersama calon PMI usai penyerahan buku tabungan Simpedes TKI di PT Asa Jaya Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Selasa (26/3). (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR TULUNGAGUNG.ID)

BLITAR KABUPATEN - Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Blitar kembali menggelar Gathering dan Edukasi Keuangan BRI bersama calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Selasa  (26/3).

Gathering dipusatkan di Kantor PT Asa Jaya di Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari dihadiri sekitar 175 calon PMI.

Selain itu, juga dihadiri Kepala Bagian (Kabag) Internasional Kantor Wilayah (Kanwil) BRI Malang M. Riamid Busroh. Lalu, perwakilan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, P4TKI Malang, dan para anggota Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Gandusari.

Kabag Internasional Kantor Wilayah (Kanwil) BRI Malang M. Riamid Busroh mengatakan, gathering dan edukasi keuangan bersama calon PMI tersebut merupakan agenda rutin BRI. Para calon PMI juga mendapat pengetahuan mengenai sejumlah produk BRI.

Pada kesempatan itu, para calon PMI juga diperlihatkan cara mentransfer uang dari luar negeri melalui video streaming dengan karyawan BRI yang berada di luar negeri.

CERIA: Kemeriahan CTKI ketika mengikuti gathering dan edukasi keuangan BRI.

CERIA: Kemeriahan CTKI ketika mengikuti gathering dan edukasi keuangan BRI.

Para calon PMI tersebut menyaksikan langsung bagaimana cara transfer uang dari luar negeri dengan mudah dan aman. "Jadi, ketika di luar negeri nanti, calon PMI ini tidak perlu lagi repot-repot bawa uang ke daerah asal. Cukup transfer dan aman," kata Kabag Internasional Kantor Wilayah (Kanwil) Malang M. Riamid Busroh, Selasa  (26/3).

Riamid menjelaskan, gathering dan edukasi keuangan tersebut merupakan agenda rutin dari BRI. Gathering tersebut bertujuan untuk mengedukasi para calon PMI yang akan berangkat ke luar negeri agar lebih tertib mengatur keuangan. "Sudah 1000 lebih PMI yang bekerjasama dengan kami. Di BRI ini, kami memang punya produk khusus PMI," terangnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BRI Blitar Anis Abdul Hakim menjelaskan, produk-produk TKI itu di antaranya, Kredit Usaha Rakyat (KUR) TKI, Simpedes TKI hingga KUR Mikro.

Untuk KUR TKI adalah salah satu fasilitas pembiayaan bagi calon PMI yang akan berangkat bekerja di luar negeri. "KUR TKI bisa digunakan untuk kebutuhan sebelum berangkat dan untuk keluarga," katanya.

Selain KUR TKI, para calon PMI juga bisa mendapat Simpedes TKI. Tabungan Simpedes TKI bisa dimanfaatkan PMI untuk menyimpan uang. "Mereka yang akan berangkat akan kami fasilitasi langsung dengan simpedes TKI. Kami bukakan rekening langsung," terangnya.

Dengan bergabung atau menjadi nasabah BRI, jelas Anis, banyak kemudahan yang didapatkan. Selain bungannya yang murah, BRI merupakan salah satu bank yang turut andil dalam mensejahterakan PMI.

Saat ini, BRI Cabang Blitar sudah memilki 35 unit kerja yang tersebar di kecamatan-kecamatan. Untuk di desa, kini sudah ada agen Brilink. "Jadi, bagi calon PMI tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota untuk mengurus keuangan. Bisa langsung ke desa atau lokasi terdekat dari rumah," tandasnya.

(rt/abd/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia