Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon featured
Blitar

Mutasi dan Pengambilan Sumpah Jabatan, Bupati: Mutasi 620 ASN

Bebas dari Jual Beli Jabatan

27 Maret 2019, 17: 05: 59 WIB | editor : Retta wulansari

KOMPLET: Dari kiri, Wabup Marhaenis Urip Widodo, Bupati Rijanto, dan Sekda Totok Subihandono.

KOMPLET: Dari kiri, Wabup Marhaenis Urip Widodo, Bupati Rijanto, dan Sekda Totok Subihandono. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

BLITAR KABUPATEN – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab Blitar), berkumpul di Pendapa Ronggo Hadinegoro, Selasa (26/3). Mereka mengikuti Upacara Pelantikan Jabatan Administrasi dan Fungsional terhadap 620 ASN, eselon III A, III B, dan IV.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan administrasi dan fungsional dipimpin langsung Bupati Rijanto, didampingi Wakil Bupati Marhaenis Urip Widodo, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Totok Subihandono. Ratusan ASN yang dimutasi tersebut, terdiri dari ASN jabatan administrasi sebanyak 353 pegawai, jabatan fungsional sebanyak 72 pegawai, dan jabatan kepala sekolah tingkat sekolah dasar (SD)/ sekolah menengah pertama (SMP) sebanyak 195 pegawai.

Dalam sambutannya, Bupati Rijanto mengatakan, mutasi jabatan untuk eselon III A hingga eselon IV, sudah direncanakan sejak lama, dan baru bisa terealisasi saat ini. Mutasi tersebut, dilakukan untuk mengisi kosongnya jabatan dan untuk meningkatkan kinerja Pemkab Blitar. “Banyak jabatan kepala sekolah (kasek) dan kepala puskesmas yang kosong. Jadi perlu dilakukan pengisian jabatan lewat pergeseran posisi (mutasi),” ungkapnya.

Dia mengatakan, mutasi terhadap 620 ASN tersebut, murni dilakukan secara transparan dan sesuai dengan kompetensi masing-masing ASN. Artinya, tidak ada praktik jual beli jabatan dalam mutasi tersebut. “Kami berharap tidak ada ASN yang melakukan praktik jual beli jabatan dalam mutasi ini. Sebab, hal itu melanggar disiplin PNS atau ASN dan juga melanggar hukum,” jelasnya.

Usai dilakukan mutasi, dia berharap agar kinerja ASN di lingkup Pemkab Blitar, terutama bagi ASN yang berada di organisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki pelayanan publik, bisa maksimal, berjalan lancar, dan tidak terjadi kendala. Pada tahun politik, dirinya juga berpesan agar ASN netral, serta para lurah, camat, sekretaris kecamatan (sekcam) setelah mutasi digelar, agar bisa bergabung atau berkoordinasi bersama TNI-Polri ikut mensukseskan Pemilu 2019. “Lurah, sekcam, dan camat, wajib sukseskan pemilu dengan mensosialisasikan Pemilu 2019 dan mengajak warga datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya, pada 17 April nanti,” harap pria berkacamata ini.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar Mashudi mengatakan, dengan dilakukan mutasi tersebut, praktis jabatan yang sebelumnya kosong saat ini dipastikan sudah terisi. “Untuk jabatan strategis di eselon III A hingga eselon IV, dipastikan sudah terisi atau tidak ada kekosongan lagi,” imbuhnya.

Pemberitaan upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan administrasi dan fungsional ini, dipersembahkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Blitar.

BERI WEJANGAN: Bupati Rijanto membacakan sambutan di atas podium pada upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan administrasi dan fungsional.
SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR

SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR

JANGAN DILANGGAR: Bupati Rijanto membacakan sumpah jabatan di hadapan perwakilan ASN.
SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR

SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR

SAKSIKAN: Bupati Rijanto menyaksikan penandatanganan pada upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan administrasi dan fungsional.
SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR

SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR

KHIDMAT: Tamu undangan turut menyaksikanupacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatanadministrasi dan fungsional.
SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR

SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR

(rt/yan/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia