Senin, 27 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Segini Nilai Minimal yang Harus Dicapai Siswa Agar Lulus UNBK

27 Maret 2019, 13: 45: 59 WIB | editor : Retta wulansari

FOKUS: Sejumlah siswa kelas XII ketika ikut UNBK, Selasa (26/3).

FOKUS: Sejumlah siswa kelas XII ketika ikut UNBK, Selasa (26/3). (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

TULUNGAGUNG - Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk SMK di Kota Marmer dimulai sejak Senin (25/3) lalu. Berdasarkan data Cabang Dispendik Provinsi Jatim wilayah Tulungagung, setidaknya ada 35 lembaga yang mengikuti UNBK tingkat SMK. Jumlah itu terdiri dari sekolah negeri maupun swasta. Namun, tidak semua sekolah mampu menyelenggarakan ujian nasional secara mandiri. Sebab, jumlah komputer yang dimiliki sekolah terbatas sehingga harus menumpang sekolah lain. “Benar, masih ada yang menumpang. Seperti di SMK YP 17 Tulungagung dan SMK Al Badar yang menumpang di SMKN 1 Boyolangu. Itu agar semua dapat berjalan lancar,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMK PGRI 1 Tulungagung Murpriono mengatakan, dari total 324 siswa terdaftar sebagai peserta ujian, ada dua siswa yang tidak mengikuti ujian. Salah satunya karena ada siswa yang mengundurkan diri atas permintaan orang tua. “Siswa ini mengajukan pengunduran diri menjelang pelaksanaan USBN kemarin sehingga namanya telah terdaftar pada peserta ujian,” jelasnya.

Dia mengimbau, meski nilai ujian nasional tidak menjadi penentu kelulusan, keikutsertaan tetap siswa menjadi penentu kelulusan. Untuk itu, siswa harus tetap mengikuti pelaksanaan UNBK secara tertib dan sesuai dengan regulasi yang ada. Pasalnya, nilai hasil UNBK penting untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi maupun untuk melamar pekerjaan. Untuk itu, setidaknya siswa harus mencapai nilai minimum 5,5. “Tetap harus sungguh-sungguh, nilai minimal 5,5 untuk rata-rata per mata pelajaran,” pungkasnya.

(rt/nda/did/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia