Senin, 26 Aug 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Credit Union Rahayu Launching Program DANA PANDAN Gandeng Petani

Pertama di Jawa Timur

27 Maret 2019, 17: 19: 25 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

KOMPAK : Panen di Desa Kacangan, Kecamatan Ngunut dari program pendampingan DANA PANDAN, Rabu (27/3).

KOMPAK : Panen di Desa Kacangan, Kecamatan Ngunut dari program pendampingan DANA PANDAN, Rabu (27/3). (DIDIN CAHYA FS/RADARTULUNGAGUNG.ID)

TULUNGAGUNG- Acara launching Program Dana Pertanian Aman dan Berkelanjutan Untuk Petani Indonesia Sejahtera (DANA PANDAN), berlangsung Rabu (27/3) di Desa Kacangan, Kecamatan Ngunut.

Dikemas melalui tema Farm Fild Day Demplot Tanam Baik, Aman dan Berkelanjutan, serta Pengenalan Pendampingan Pertanian Program DANA PANDAN, tersebut diikuti puluhan petani desa setampat dan sekitar, dan dihadiri Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Tulungagung Sunaryo, A. Pi, MSi, perwakilan Dinas Pertanian Tulungagung Eko Sulistyo, perwakilan Sygenta Foundation for Sustainable Agriculture, PT Asuransi Central Asia (ACA), dan Credit Union Rahayu, Kepala Desa Kacangan Muhatim, dan lain-lain. 

Tanda launching Program DANA PANDAN ini dilakukan pemotongan padi siap panen dari tamu undangan.

Manajer Credit Union Rahayu, Siti Alima mengatakan, DANA PANDAN merupakan sebuah paket solusi pertanian yang komprehensif atau menyeluruh.

Di mana program tersebut, berupa pemberian modal kepada petani selama musim panen lewat Credit Union Rahayu.

Tidak saja memberikan modal, namun petani saat tanam akan dilakukan pendampingan dari tenaga profesional termasuk dari personel Sygenta Foundation for Sustainable Agriculture yang bermarkas di Swiss. Bahkan pengamatan dilakukan di lapangan.

“Jadi tidak sekadar pemberian modal, namun akan pengawalan bagaimana petani bisa memaksimalkan panen,” tandas wanita ramah ini.

Selain modal dan pendampingan, dari DANA PANDAN ini petani dapat perlindungan asuransi. Asuransi berbasis indeks cuaca yang memberikan proteksi terhadap dampak ekonomi akibat cuaca.

Tak tanggung-tanggung, hasil panen petani yang bisa diserap oleh Credit Union Rahayu dengan harga tinggi. “Dengan DANA PANDAN ini petani benar-benar memiliki beragam keuntungan, segera bergabung untuk dapat hasil panen maksimal,” tandasnya.

Dia menambahkan, Credit Union Rahayu sudah memiliki 3.000 petani binaan di Kecamatan Ngunut, Rejotangan, Kalidawir. Untuk informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke kantor pusat Credit Union Rahayu di Jalan Kandung, RT3 /RW 3, Desa/Kecamatan Rejotangan. “Ingin bertani sukses, modern, maka gabung dengan Credit Union Rahayu,” pungkasnya.

Dari perwakilan Sygenta Foundation for Sustainable Agriculture, Mori Prananto mengatakan, jika launching program DANA PANDAN di Tulungagung ini merupakan yang pertama di Jawa Timur.

DANA PANDAN tersebut ingin membentuk petani profesional dan perbaikan kualitas hasil pertanian. Jadi tidak salah memanfaatkan program DANA PANDAN, karena sudah terbukti di Desa Kacangan.

Plt Kepala Dinkop UKM Sunaryo, A. Pi, MSi, berharap Credit Union Rahayu ini merambah ke sektor lain tidak hanya pertanian, namun peternakan dan lain-lain. Itu merupakan wujud dari koperasi untuk mengembangkan dan berperan di masyarakat langsung.

Kepala Desa Kacangan Muhatim berterima kasih kepada Credit Union Rahayu. Sebab membuat produktivitas pertanian dan petani di desa setempat terus meningkat. “Mudah-mudahan petani di Desa Kacangan semakin maju dan sejahtera,” katanya.

Dalam acara tersebut juga ada dialog dan pemaparan dari hasil panen lewat DANA PANDAN.

PEDULI : Manajer Credit Union Rahayu, Siti Alima, saat memberikan modal kepada petani. 

PEDULI : Manajer Credit Union Rahayu, Siti Alima, saat memberikan modal kepada petani.  (DIDIN CAHYA FS/RADARTULUNGAGUNG.ID)

BERI BEKAL : Plt Kepala Dinkop UKM Sunaryo, APi, MSi saat memberikan sambutan. 

BERI BEKAL : Plt Kepala Dinkop UKM Sunaryo, APi, MSi saat memberikan sambutan.  (DIDIN CAHYA FS/RADARTULUNGAGUNG.ID)

MENGUNTUNGKAN : Pengguntingan pita tanda launching program DANA PANDAN.

MENGUNTUNGKAN : Pengguntingan pita tanda launching program DANA PANDAN. (DIDIN CAHYA FS/RADARTULUNGAGUNG.ID)

(rt/did/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia