Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Keterbatasan Anggaran 2019 , Perbaikan Jalan Hanya Tercover 10 Persen

28 Maret 2019, 19: 25: 59 WIB | editor : Retta wulansari

KATEGORI RUSAK: Ruas jalan retak di Jalan Brigjend Soetran ini harus juga ditangani. Namun, ada banyak jalan yang rusaknya lebih parah, kemungkinan tidak diperbaiki tahun ini.

KATEGORI RUSAK: Ruas jalan retak di Jalan Brigjend Soetran ini harus juga ditangani. Namun, ada banyak jalan yang rusaknya lebih parah, kemungkinan tidak diperbaiki tahun ini. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Sedikitnya, ada 30 persen ruas jalan dalam naungan pemerintah kabupaten (pemkab) yang masuk kategori rusak berat. Ada alokasi anggaran sekitar Rp 80 miliar yang disediakan untuk peningkatan dan pemeliharaan jalan pada 2019 ini. Sayang, anggaran tersebut hanya mencukupi kebutuhan pemeliharaan atau peningkatan jalan sekitar 10 persen saja dari total kerusakan tersebut. “Anggaran pemeliharaan jalan tahun ini sekitar Rp 5 miliar,” ujar Suprihadi, Kabid Binamarga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Rabu (27/3).

Anggaran tersebut bakal dimanfaatkan untuk menambah usia ekonomi jalan. Artinya, pemeliharaan jalan sebagai alternatif belum adanya anggaran untuk peningkatan jalan.

Dia menyebutkan, panjang ruas jalan kabupaten sekitar 1.000 kilometer (km). Hasil observasi di lapangan, diketahui 30 persen di antaranya masuk kategori rusak berat. Sekitar 10 persen kategori rusak sedang dan ringan. Sisanya dalam kondisi yang baik.

Kendati hanya sekitar 30 persen, Suprihadi mengaku membutuhkan anggaran tidak sedikit untuk perbaikannya. Sebab, untuk peningkatan jalan per kilometer, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 2 miliar. Itu adalah nilai standar dalam proses peningkatan jalan.

Jika mengacu pada klasifikasi kondisi jalan, tidak mungkin bisa dilakukan penanganan secara optimal. “Kemampuan anggaran kita kan memang terbatas. Jadi kadang hanya dilakukan penambalan atau pemeliharaan sederhana,” ujarnya.

(rt/muh/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia