Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Kondisi Jalan Butuh Penanganan, Begini Skala Prioritas Perbaikannya

28 Maret 2019, 19: 55: 59 WIB | editor : Retta wulansari

KATEGORI RUSAK: Ruas jalan retak di Jalan Brigjend Soetran ini harus juga ditangani. Namun, ada banyak jalan yang rusaknya lebih parah, kemungkinan tidak diperbaiki tahun ini.

KATEGORI RUSAK: Ruas jalan retak di Jalan Brigjend Soetran ini harus juga ditangani. Namun, ada banyak jalan yang rusaknya lebih parah, kemungkinan tidak diperbaiki tahun ini. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK - Sedikitnya, ada 30 persen ruas jalan dalam naungan pemerintah kabupaten (pemkab) yang masuk kategori rusak berat. Menurut Suprihadi, Kabid Binamarga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), pemeliharaan dilakukan sebagai langkah mencegah terjadinya kerusakan jalan. Namun pada kenyatannya, hal ini tidak mungkin bisa diterapkan karena ada banyak kondisi jalan yang butuh penanganan. Untuk itu, pemeliharaan biasanya dilakukan setelah terjadi kerusakan ruas jalan. “Retak itu saja seharusnya sudah ada penanganan. Tapi kalau itu juga ditangani, pasti butuh biaya yang besar. Sebab, ada banyak kondisi jalan yang sudah berlubang,” terangnya.

Tahun ini, khusus untuk pemeliharaan jalan dianggarkan sekitar Rp 5 miliar. Jumlah itu untuk perawatan pada ratusan kilo jalan yang mengalami kerusakan dan belum tertangani dengan anggaran peningkatan jalan. Di sisi lain, pihaknya juga menetapkan skala prioritas ruas jalan kabupaten strategis yang didahulukan.

(rt/muh/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia