Selasa, 21 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Sportainment

Lezatnya Nasi Jeruk; Nasi Gurih Berpadu Empuknya Ayam

31 Maret 2019, 14: 05: 59 WIB | editor : Retta wulansari

HARUM: Aroma khas daun jeruk langsung tercium ketika mengonsumsi nasi jeruk.

HARUM: Aroma khas daun jeruk langsung tercium ketika mengonsumsi nasi jeruk. (AYU FEBRIANA ANUGRAHINI/RADAR BLITAR)

BLITAR - Bumi Bung Karno tak hanya memiliki potensi wisata. Masih ada hal lain yang menarik, yakni kuliner. Beragam jenis tersedia dan semuanya lezat. Nasi jeruk salah satunya.

Mendengar namanya, jangn langsung membayangkan kuliner itu berupa nasi yang dimasak menggunakan buah jeruk. Itu salah besar. Menu ini merupakan kreasi baru memasak nasi. Yakni dicampur dengan daun jeruk. Tentu ini memberi sensasi tersendiri.

Rusida Delfa Kendi merupakan pembuat nasi jeruk. Ketika ditemui di pujesera kawasan Jalan Kalimantan, dia mengatakan nasi jeruk tergolong unik. Sebab, dibuat dengan menambahkan daun jeruk. Ini untuk memberikan rasa yang khas.

Untuk membuatnya, lanjut Kendi, bahan yang harus disiapkan tidaklah sulit. Sebab, mudah diperoleh di pasaran. Di antaranya beras, daun jeruk, daun salam, serai, santan, dan garam. Caranya, cuci beras menggunakan air mengalir. “Selanjutnya masak nasi dengan campuran bahan-bahan yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Agar nasi bisa pulen, harsu diperhatikan volume air dan waktu memasak. Jika air terlalu sedikit, nasi akan keras. Sebaliknya, jika kebanyakan, nasi bisa terlalu lembek.

Ketika mencicipi nasi jeruk, aromanya sudah berbeda dengan nasi biasa. Lebih wangi. Kombinasinya juga pas, antara daun jeruk, daun salam, dan serai. Bukan hanya itu, nasi terasa lebih gurih. Itu karena dimasak menggunakan santan kelapa.

Sebagai lauk, Kendi memilih Ayam Tangkap Aceh. Yakni ayam goreng yang dibuat dengan beberapa bumbu. Di antaranya empah-rempah, daun pandan, daun jeruk, dan cabai besar. Pertama, ayam diungkep menggunakan bumbu rempah, termasuk daun jeruk dan salam. “Diungkep secukupnya sampai dirasa bumbu rempah meresap,” katanya.

Ketika ingin mengonsumsi, ayam tinggal digoreng. Selanjutnya, disajikan dengan nasi jeruk.

(rt/whe/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia