Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Menjadi Salah Satu Syarat Kelulusan, Begini Pentingnya UNBK Bagi Siswa

01 April 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SERIUS: Sejumlah siswa di SMAN 1 Kedungwaru kini ikut UNBK tingkat SMA dimulai hari ini, Senin (1/4).

SERIUS: Sejumlah siswa di SMAN 1 Kedungwaru kini ikut UNBK tingkat SMA dimulai hari ini, Senin (1/4). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG - Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA/sederajat berlangsung mulai Senin (1/4) hari ini. Rencananya, ujian tersebut akan berlangsung selama empat hari.

Mengenai materi UNBK, Kasi SMA/SMK dan Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jatim wilayah Tulungagung Subagyo mengimbau agar siswa mempersiapkan sebaik mungkin. Salah satunya dengan menghadapi materi high order thinking skills (HOTS) yang sering menjadi momok bagi siswa.

Setidaknya sekitar 10 hingga 15 persen materi HOTS akan dikeluarkan pada UNBK kali ini. “Standar minimum nilai 5,5 pada setiap pelajaran. Ada soal HOTS juga. Jadi sebaiknya siswa tetap serius ujian,” jelasnya.

Disinggung mengenai sarana dan prasarana (sarpras), memasuki tahun keempat penyelenggaraan UNBK, hampir setiap sekolah memiliki fasilitas yang memadai untuk melaksanakan ujian. Bahkan setiap lembaga SMA mampu menyelenggarakan ujian secara mandiri.

Namun, ada dua lembaga yang terpaksa menggabung ke sekolah lain. Itu karena jumlah siswa yang lebih sedikit sehingga menggabung pada sekolah subrayon. “Semua bisa mandiri. Ada dua yang menggabung, yaitu SMA PGRI 5 Tulungagung dan SMA PGRI Sendang,” ujarnya.

Dia berharap, UNBK dapat menjadi standar mutu pendidikan. ”Siswa harus dapat ikut ujian dengan tertib dan jujur,” terangnya.

Selain itu, penting untuk mengikuti UNBK utama dari awal hingga hari terakhir. Sebab, keikutsertaan peserta dalam UNBK menjadi salah satu syarat kelulusan. Jadi, bagi siswa yang tidak dapat mengikuti UNBK utama, wajib mengikuti UNBK susulan pada 17 hingga 18 April mendatang.

(rt/did/nda/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia