Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Tak Sempat Duduk di Kursi Jabatan Baru, Satu Kades Terpilih Meninggal

02 April 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

ILUSTRASI

ILUSTRASI

TRENGGALEK - Pemenang proses pemilihan kepala desa (pilkades) pada Sabtu (9/2) lalu tampaknya tidak seluruhnya bisa mengikuti pelantikan. Pasalnya, dari 132 desa peserta pilkades serentak, ada satu kepala desa (kades) terpilih yang tak bisa dilantik karena meninggal.

Berdasarkan informasi di lapangan, kades terpilih yang meninggal tersebut adalah Sunarti dari Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, yang juga petahana.

Diketahui, yang bersangkutan telah dirawat di rumah sakit sekitar dua minggu dan dikabarkan menghembuskan nafas terakhir pada Jumat (29/3) lalu. "Kabar itu memang benar, makanya saat itu juga (Jumat (29/3), Red) saya langsung berziarah ke rumah duka," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Trenggalek Joko Wasono.

Dia nelanjutkan, untuk itu saat ini DPMD  tengah merumuskan kajian untuk menentukan langkah yang akan diambil. Sebab kades terpilih yang meninggal dunia itu juga masih menjabat sebagai kades aktif atau definitif. “Ini dilematis. Sebab, selain masih menjabat, dia juga kades terpilih. Nanti akan kami bicarakan terkait keberadaan di dua sisi itu,” katanya.

Berdasarkan ketentuan, jabatan yang ditinggalkannya akan diisi oleh penjabat (Pj) kades yang harus dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) atau berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Setelah ditunjuk sebagai Pj kades, yang bersangkutan akan mengisi jabatan yang ditinggalkan hingga jabatannya sebagai kades berakhir pada Kamis (18/4) mendatang. Dan dilanjutkan hingga 2021 mendatang dan pelaksanaan pilkades tahap berikutnya.

Itu terjadi lantaran tahapan proses pilkades yang terjadi dianggap tidak bisa membawakan hasil karena kades terpilih tidak bisa dilantik. "Kendati demikian, secepatnya kami akan melaksanakan rapat guna membahas hal tersebut. Untuk waktunya, pastinya sebelum proses pelantikan," jelas pria yang kini menjabat sebagai kepala dispendukcapil Trenggalek ini.

(rt/muh/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia