Rabu, 16 Oct 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Berikut Segudang Pemanfaatan Rumah Susu

02 April 2019, 17: 25: 59 WIB | editor : Retta wulansari

KAPAN BERFUNGSI : Seorang warga melintas di depan rumah susu di Trenggalek. Saat ini rumah susu ini sudah ditumbuhi rumput liar di beberapa sisi.

KAPAN BERFUNGSI : Seorang warga melintas di depan rumah susu di Trenggalek. Saat ini rumah susu ini sudah ditumbuhi rumput liar di beberapa sisi. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Dana Rp 580 juta dari APBD 2018 dikeluarkan untuk membangun rumah susu. Namun, rumah tersebut disinyalir belum memberi manfaat bagi masyarakat. Karena itu, dinas perindustrian dan tenaga kerja (Disperinaker) mentargetkan, rumah di jalan Brigjend Sutran ini mulai beroperasi bulan ini. Itu setelah kegiatan pavingisasi kelar dilakukan. “ Saat ini SPK(surat perintah kerja) sudah ditandatangani, secepatnya akan kita launching,” ungkap Nanang Budiharto, Kepala Disperinaker Trenggalek saat ditemui Senin (1/4).

Rumah susu ini sejatinya, menurut Nanang Budiharto, dibangun untuk menegaskan bahwa Kota Keripik Tempe salah satu daerah penghasil susu.  Tercatat ada tiga kecamatan yang selama ini memiliki produksi susu. Yakni Kecamatan Suruh, Pule dan Bendungan.

Nantinya, di rumah susu ini akan ada produksi makanan-makanan olahan berbahan dasar susu. Namun, itu belum bisa diwujudkan tahun ini. Sebab untuk melaksanakan aktivitas produksi susu membutuhkan proses dan tahapan, semisal mengenai izin pengolahan dari lembaga yang berwenangan dalam bidang pangan.

Nanang –sapaannya- mengaku bakal bekerja sama dengan balai pengawasan obat dan makanan (BPOM). “ Susu itu kan salah satu bahan yang cukup rentan, sudah ada standar dalam pengolahannya,” terangnya.

Dia mentargetkan untuk produksi di rumah susu ini baru bisa dioperasikan tahun 2020 nanti. Itu setelah mempertimbangkan sejumlah proses yang harus dilalui dalam perizinan dalam membuat sebuah rumah produksi.

Pasca launching tahun ini, rumah susu Trenggalek akan dimanfaatkan oleh sejumlah industry kecil menengah (IKM) yang bergelut dalam bidang pemanfaatan susu. Mereka akan memanfaatkan sarana tersebut untuk memasarkan produk-produk olahan susu yang sudah dikerjakan. 

(rt/muh/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia