alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Begini Ciri-ciri Makanan yang Mengandung Boraks

03 April 2019, 11: 55: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi

TULUNGAGUNG – Demi mendapatkan produk pangan yang awet dan tidak mudah basi, sejumlah oknum tak bertanggung jawab kerap menambahkan zat pengawet yang sebetulnya berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya  boraks.

Kasi kefarmasian dan perbekalan kesehatan dinas kesehatan (Dinkes) Tulungagung Masduki mengungkapkan, mengkonsumsi boraks dalam makanan tidak secara langsung berakibat buruk.  Namun sifatnya terakumulasi (tertimbun) sedikit-demi sedikit dalam organ hati, otak dan testis.  Boraks tidak hanya diserap melalui pencernaan, namun juga dapat diserap melalui kulit.  Boraks yang terserap dalam tubuh dalam jumlah kecil akan dikeluarkan melalui air kemih dan tinja, serta melalui keringat. Bukan hanya menganggu enzim-enzim metabolisme tetapi juga menganggu alat reproduksi pria.

Masduki pun membeberkan beberapa ciri produk pangan yang mengandung boraks. Yakni tekstur makanan lebih kenyal, dan tidak mudah lengket. Ciri-ciri ini biasa ditemui pada produk seperti pentol bakso, cilok, dan juga mi.  Untuk kerupuk, memiliki ciri sangat renyah dan terasa getir atau pahit pada lidah.

Dia mengimbau masyarakat lebih waspada sebelum membeli atau mengkonsumsi suatu produk pangan. “Masyarakat sebaiknya lebih berhati-hati, karena masih banyak produk-produk disekitar kita yang bisa saja mengandung boraks atau bahan berbahaya lainnya,” katanya. 

(rt/nda/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news