Selasa, 12 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Beredar Isu Soal Mapel Matematika Bocor Lewat Media Ini

04 April 2019, 12: 20: 59 WIB | editor : Retta wulansari

KERJAKAN JUJUR: Sejumlah siswa ketika melihat daftar nomor peserta ujian di SMAN 1 Kedungwaru, Senin (1/4) lalu

KERJAKAN JUJUR: Sejumlah siswa ketika melihat daftar nomor peserta ujian di SMAN 1 Kedungwaru, Senin (1/4) lalu (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Kebocoran naskah soal menjadi isu yang sering kali mewarnai pelaksanaan ujian. Tak terkecuali pada pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Itu terkait isu tersebarnya foto-foto soal ujian mata pelajaran (mapel) matematika pada media sosial (medsos) aplikasi percakapan LINE Square pada Selasa (2/4) lalu.

Untuk itu, para peserta UNBK tingkat SMA diimbau untuk tidak mudah percaya pada informasi kebocoran naskah soal. “Saya menjamin tidak ada kebocoran naskah ujian pada pelaksanaan UNBK,” ungkap Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jatim wilayah Tulungagung-Trenggalek Solikin.

Alasan jaminan tidak terjadi kebocoran soal karena semua sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, penggunaan alat komunikasi dilarang selama ujian berlangsung. “Baik siswa, pengawas, maupun proktor, yang ada di dalam ruangan ujian semua steril. Tidak ada yang boleh menggunakan handphone selama ujian berlangsung. Jadi isu itu bohong dan tidak masuk akal,” terangnya Rabu (3/4).

Dia menjelaskan, pelaksanaan UNBK di Kota Marmer semakin tahun semakin baik. Itu terlihat dari cabang dispendik yang belum mendapatkan laporan terkait kejanggalan ataupun kendala selama ujian berlangsung. Meski ada jika sejumlah kendala teknis masih kerap dialami beberapa sekolah, hal tersebut tetap dapat segera diatasi teknisi yang bertugas. Dengan begitu, ujian dapat berlangsung tertib dan lancar.

(rt/nda/did/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia