Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Segini Jumlah Minimum yang Harus Dicapai di UNBK

04 April 2019, 12: 50: 59 WIB | editor : Retta wulansari

KERJAKAN JUJUR: Sejumlah siswa ketika melihat daftar nomor peserta ujian di SMAN 1 Kedungwaru, Senin (1/4) lalu

KERJAKAN JUJUR: Sejumlah siswa ketika melihat daftar nomor peserta ujian di SMAN 1 Kedungwaru, Senin (1/4) lalu (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Kebocoran naskah soal menjadi isu yang sering kali mewarnai pelaksanaan ujian. Tak terkecuali pada pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Itu terkait isu tersebarnya foto-foto soal ujian mata pelajaran (mapel) matematika pada media sosial (medsos) aplikasi percakapan LINE Square pada Selasa (2/4) lalu.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jatim wilayah Tulungagung-Trenggalek Solikin menegaskan, jika ada informasi atau pihak yang mengklaim memiliki informasi naskah ujian dan kunci jawaban, agar tidak langsung percaya. Sebab, setiap anak akan menerima naskah soal yang berbeda sehingga kecil kemungkinan dapat melakukan kecurangan.

Dia meminta pada panitia UNBK dan pihak sekolah untuk tidak henti-hentinya memberikan sosialisasi pada siswa. Siswa pun diimbau untuk mengikuti ujian secara tertib dan jujur. Sebab akan ada sanksi tegas bagi para pelanggar aturan. “Untuk siswa yang ketahuan melakukan kecurangan, dipastikan harus mengikuti ujian ulang. Jadi, sebaiknya kerjakan ujian dengan jujur. Itu yang terpenting,” tegasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 4.636 siswa SMA ikut UNBK hingga Senin (8/4) nanti. Jumlah itu tersebar di 25 lembaga SMA baik negeri maupun swasta. Meski UNBK bukan penentu kelulusan, dinas tetap ingin para siswa ikut sesuai prosedur dan mengerjakan setiap soal dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, nilai hasil UNBK penting untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Setidaknya siswa harus mencapai nilai minimum 5,5.

Dia berharap, UNBK dapat menjadi standar mutu pendidikan. “UNBK ini menjadi hal penting karena keikutsertaan siswa menjadi salah satu syarat kelulusan. Jadi, sebaiknya anak-anak ikut sesuai regulasi yang ada,” pungkasnya.

(rt/nda/did/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia