Selasa, 18 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Untuk Setahun Segini Jatah Dana Bos yang Diterima Setiap Siswa

06 April 2019, 12: 20: 59 WIB | editor : Retta wulansari

BELAJAR: Sejumlah siswa SD ketika belajar di ruang kelas SDN 7 Kampung Dalem.

BELAJAR: Sejumlah siswa SD ketika belajar di ruang kelas SDN 7 Kampung Dalem. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Pemerintah melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) Tulungagung memastikan pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan I untuk tingkat SD segera rampung.

Kepala Subbagian Program Perencanaan Dispendikpora Tulungagung Heri Purnomo menuturkan, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, pencairan dana BOS dilakukan setiap triwulan. Sesuai dengan petunjuk teknis (juknis), dana BOS dicairkan pada Maret, Juni, dan September. “Untuk pencairan pertama, Maret hingga awal April, hampir rampung,” jelasnya Jumat (5/4).

Jumlah dana yang digelontorkan mencapai Rp 53.831.200.000 untuk SD negeri, sementara untuk SD swasta sebesar Rp 9.404.000.000. Jumlah itu berkurang jika dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, jumlah satuan pendidikan tahun ini tidak sebanyak tahun lalu. “Ada beberapa sekolah yang digabung. Tahun lalu total satuan pendidikan SD 666, kini 653. Terdiri dari SD negeri dan swasta,” urainya.

Nanti, setiap lembaga sekolah menerima besaran dana sesuai dengan jumlah siswa yang memiliki nomor induk siswa nasional (NISN) valid. Sasarannya adalah seluruh satuan pendidikan, baik negeri maupun swasta.

Dari dana BOS, setiap siswa mendapat jatah sebesar Rp 800.000 setiap tahun. Dana ini untuk membantu dalam peningkatan mutu pendidikan. 

(rt/nda/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia