Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Alasan Tahun Ini Tak Ada Hibah Alat

06 April 2019, 19: 10: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SABAR: Seorang perajin genting di Kecamatan Durenan tengah menjemur barang produksinya. Para perajin ini berharap ada bantuan dari pemerintah untuk meringankan saat produksi.

SABAR: Seorang perajin genting di Kecamatan Durenan tengah menjemur barang produksinya. Para perajin ini berharap ada bantuan dari pemerintah untuk meringankan saat produksi. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Para pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM) jangan mengajukan proposal terkait hibah pada tahun anggaran berjalan. Dipastikan usulan tersebut tidak bisa direalisasikan. Hal itu diungkapkan Pujianto, Kabid Perindutrian Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Perinaker).

Dia mengatakan, tahun lalu masih ada hibah berupa sejumlah peralatan yang diberikan kepada masyarakat. Yakni alat pemindangan dan pengalengan ikan di wilayah Kecamatan Watulimo. Tahun ini tidak ada hibah kepada masyarakat di dinasnya.

Pria berkacamata ini mengaku bukan perkara gampang mengalokasikan anggaran hibah kepada masyarakat. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Minimal ada pengajuan bantuan peralatan yang disampaikan kepada dinas melalui proposal. Nanti, dinas yang mendapatkan pengajuan tersebut akan membuat tim untuk memverifikasi proposal pengajuan tersebut. Itu untuk mengetahui kelayakan usulan tersebut masuk dalam rancangan kerja pemerintah daerah (RKPD) hingga APBD di tahun berkenaan.

Di sisi lain, pengajuan itu juga bisa dilakukan lewat forum musyawarah rencana pembangunan baik di desa maupun di kecamatan. “Jadi, usulan mengenai hibah ini minimal H-1 atau saat pembahasan anggaran, tidak pada tahun anggaran berjalan,” katanya.

(rt/muh/dre/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia