Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Beberapa Cara Untuk Dapatkan Hibah Guna UMKM

06 April 2019, 19: 45: 59 WIB | editor : Retta wulansari

PROSES: Genting dalam proses penjemuran.

PROSES: Genting dalam proses penjemuran. (AGUS MUHIAMIN/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Para pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM) jangan mengajukan proposal terkait hibah pada tahun anggaran berjalan. Dipastikan usulan tersebut tidak bisa direalisasikan. Hal itu diungkapkan Pujianto, Kabid Perindutrian Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Perinaker).

Menurut dia, hibah kepada masyarakat merupakan salah satu hal yang pelaksanaannya harus hati-hati. Mengingat ada banyak kasus yang bermuara ke ranah hukum bersumber dari hibah. Untuk itu, pihaknya juga tidak mau gegabah mengalokasikan anggaran hibah ini.

Pujianto juga menyebut ada banyak sarana yang bisa ditempuh untuk mendapatkan hibah daerah. Tidak hanya dari anggaran di disperinaker saja. Yakni memanfaatkan anggaran di desa atau pun memanfaatkan anggaran dari bantuan keuangan khusus (BKK) desa. Anggaran tersebut ada di desa dan di dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD). Prosesnya bisa dilakukan pengajuan kepada dinas yang bersangkutan. “Nantinya uangnya dari Bakeuda,” tuturnya.

Sementara itu, Jainul, seorang pengrajin genting mengatakan, hingga kini aktivitas produksi genting para perajin tidak pernah mendapat perhatian dari pemerintah. Menurut dia, ada banyak hal yang bisa di-support pemerintah guna meningkatkan produktivitas perajin. Salah satunya dengan bantuan alat. “Yang paling butuh itu untuk produksi sehingga produktivitasnya semakin bagus,” kata perajin asal Baruharjo ini.

(rt/muh/dre/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia