Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Digelontor Lagi Rp 5 Miliar Untuk Pipanisasi Pelanggan Baru PDAM

06 April 2019, 21: 40: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi

TRENGGALEK – Tidak lama, jumlah pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Trenggalek bakal bertambah. Sebab, tahun ini perusahan pelat merah itu dapat dana hibah sekitar Rp 5 miliar dari daerah. Dana tersebut untuk kebutuhan pemasangan atau pipanisasi pelanggan baru. “Itu untuk 1.750 pelanggan baru,” ungkap Maryati, Plt Direktur PDAM Trenggalek.

Sayang, menurut Maryati, pemkab harus mengeluarkan anggaran alias nalangi terlebih dahulu, sebelum diganti pemerintah pusat. Sebenarnya, hibah daerah atau penyertaan modal pemerintah daerah ini sudah diterima berturut sejak tiga tahun terakhir. Besarannya tidak jauh beda, yakni sekitar Rp 5 miliar untuk kepentingan fasilitasi pelanggan baru di Kota Keripik Tempe. Anggaran hibah ini bersumber dari pemerintah pusat.

Namun karena perusahaan daerah ini tidak bisa menerima secara langsung, maka mekanisme pencairannya melalui pemkab. Artinya, pemerintah pusat memberikan hibah kepada pemerintah daerah yang kemudian diteruskan dengan penyertaan modal kepada PDAM.

Dengan kata lain, lanjut dia, untuk awal pelaksanaan kegiatan tahun ini, pemerintah daerah pula yang berkewajiban mengeluarkan anggaran untuk keperluan pipanisasi pelanggan baru ini. “Setelah fisik dan pemasangan selesai, diadakan verifikasi pusat. Kemudian diganti anggarannya oleh pemerintah pusat, masuk langsung ke kas daerah,” tuturnya.

(rt/muh/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia