Rabu, 11 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Begini Dampak Ada Tambahan Sarana Pengolah Air

06 April 2019, 22: 30: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi

TRENGGALEK – Tidak lama, jumlah pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Trenggalek bakal bertambah. Sebab, tahun ini perusahan pelat merah itu dapat dana hibah sekitar Rp 5 miliar dari daerah. Dana tersebut untuk kebutuhan pemasangan atau pipanisasi pelanggan baru. “Itu untuk 1.750 pelanggan baru,” ungkap Maryati, Plt Direktur PDAM Trenggalek.

Seperti diketahui, kini ada sekitar 8 ribu pelanggan PDAM Tirta Dharma. Selama ini kebutuhan air bersih untuk pelanggan ini disuplai dari instalasi pengolah air di wilayah Bendungan. Kapasitasnya sekitar 50 liter per detik. Jumlah itu bisa dikatakan jauh dari standar pelayanan bagi 8 ribu pelanggan PDAM.

Beruntung, pada 2018 ada hibah IPA dari Hungaria dengan kapasitas sekitar 40 liter per detik. Dengan tambahan sarana pengolah air ini, kapasitas produksi PDAM menjadi sekitar 50 liter per detik. Itu jumlah yang cukup untuk kebutuhan air bersih pelanggan.

Informasi terakhir menyebut progres pembangunan IPA ini masih sekitar 80 persen. PDAM Trenggalek sendiri tidak mau repot dengan persoalan anggaran dan teknis pelaksanaan pembangunan. Mereka hanya menerima hibah dalam bentuk fisik, yang rencananya diserahterimakan tahun ini.

(rt/muh/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia