Kamis, 23 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Olliebollen; Dicampur Kismis atau Apel, Makin Mantap

08 April 2019, 12: 55: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

TULUNGAGUNG - Bagi yang ingin menyantap camilan untuk nemenin waktu-wajtu santai, mungkin olliebollen bisa jadi alternatifnya. Ya, roti yang mirip seperti roti goreng itu bisa jadi pelengkap keseharianmu. Bahkan, roti asal Belanda ini cocok jadi teman ngeteh ketika kumpul dengan keluarga.

Salah satu home baker, Ina Fitriyani mengatakan untuk membuat olliebollen cukup mudah. Bahan-bahan pun juga mudah didapatkan. Bahan yang disiapkan di antaranya terigu, susu, ragi instan, telur, kayu manis, dan kismis. Sedangkan untuk pembuatannya, yakni campur tepung terigu, ragi instan, baking powder, kayu manis bubuk, dan gula pasir, aduk sampai rata. Kemudian, masukkan telur dan susu cair sambil diuleni hingga licin. Selanjutnya, tambahkan mentega dan garam. Uleni lagi hingga licin. Masukkan kismis atau prunes, uleni rata. "Kemudian, diamkan 20 menit sampai mengembang. Selanjutnya, goreng dengan menyendoki adonan yang menyerupai bulatan ke minyak goreng yang sudah dipanaskan di atas api kecil sampai matang," kata wanita asal Tanjungkarang, Bandar Lampung ini

Setelah masuk penggorengan, angkat dan gulingkan ke kertas gorengan untuk menyerap minyak. Terakhir, dalam penyajiannya, taaburi dengan gula halus atau bubuk donat. Ina menyarankan, camilan ini cocok sebagai teman ngeteh. Apalagi teksturnya yang lembut, bikin siapa pun yang menikmatinya akan ketagihan. "Juga bisa untuk sajian camilan ketika ada keluarga ataupun arisan, atau sekadar kumpul bareng temen," terangnya. 

(rt/lai/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia