Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Usaha Telur Bebek yang Menjanjikan, Hingga Ribuan Butir per Hari

10 April 2019, 15: 50: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

BLITAR - Usaha keras disertai doa memang tak menipu. Itulah yang sudah dialami Muhammad Irkhamma'ani dan Anis. Pasangan suami istri (pasutri) itu memilih menekuni usaha berjualan telur bebek. Dulu mereka hanya berjualan dan mengumpulkan telur dari peternak lain memakai obrok. Kini sudah pakai pikap.

Saat wawancara Selasa (9/4), Anis yang sehari-hari menjadi seorang guru honorer di salah satu sekolah di Blitar, banyak bercerita tentang usaha tersebut. Yakni usaha berjualan telur bebek sudah dimulai suaminya pada 2008 lalu, yakni beternak bebek. Kala itu belum menikah.

Pada 2018, usaha Irkham dan Anis mulai membuahkan hasil. Mereka bisa membeli pikap untuk mengumpulkan telur bebek dari peternak.

Wanita berhijab itu mengatakan, dulu kemampuan mengumpulkan telur bebek antara 2.100 sampai 3.000 telur. Kini sudah mencapai 10.000 sampai 13.000 setiap harinya. Omzet kotor per hari antara Rp 500 ribu sampai Rp 700 ribu. Agar lebih cepat, ada dua karyawan yang diperbantukan. Selain itu, Irkham dan Anis tetap memperhatikan kualitas. Mereka juga sudah memiliki pembeli rutinan setiap hari. Jadi sudah terikat. Harga telur mahal murah tetap ambil.

Berbeda dengan pembeli musiman yang hanya ambil ketika mahal. "Untuk produksi ternak kami sendiri itu nggak banyak, Mas. Tapi telur yang kami dapat banyak itu dari peternak yang kami naungi. Ada 76 peternak," jelasnya. 

(rt/whe/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia