Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Alasan Kayu Sonokeling Miliki Harga Jual Tinggi dan Banyak Dicari

10 April 2019, 13: 50: 59 WIB | editor : Retta wulansari

MASIH DIDATA: Salah satu tunggak kayu sonokeling yang di ruas jalan Tulungagung-Trenggalek, masuk Desa Karangsoko, Kecamatan Trenggalek.

MASIH DIDATA: Salah satu tunggak kayu sonokeling yang di ruas jalan Tulungagung-Trenggalek, masuk Desa Karangsoko, Kecamatan Trenggalek. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK - Penebangan pohon sonokeling di pinggir jalan nasional yang diduga dilakukan ilegal oleh oknum tak bertanggung jawab, ternyata tidak hanya terjadi di Tulungagung, tapi juga di wilayah Trenggalek. Karena itu, Selasa (9/4) Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jawa Timur (Jatim), Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim dan pihak terkait, inventarisasi terkait hal tersebut.

Dari situ, hingga kini Dishut Provinsi Jatim belum bisa menyampaikan lebih jauh terkait tindakan apa yang akan dilakukan. Sebab, kini masih sebatas inventarisasi, sekaligus pendataan terhadap jumlah pohon kayu sonokeling yang dilaporkan telah hilang.

Sebelumnya, pengecekan tersebut dilakukan lantaran beberapa hari lalu ada laporan masyarakat jika terdapat penebangan pohon di sepanjang pinggir jalan yang perizinannya tidak jelas. Rata-rata pohon yang ditebang itu seluruhnya dari jenis kayu sonokeling. Apalagi, kini keberadaan jenis kayu sonokeling relatif terbatas sehingga bisa dikatakan sebagai jenis kayu langka.

Alasan itulah yang membuat jenis kayu tersebut harganya lebih mahal dari kayu jati dan banyak dicari orang. Sekilas, harga pasaran kayu jenis tersebut dengan diameter antara 30-100 sentimeter, dijual lebih dari Rp 10 juta untuk satu pohonnya. “Bisa dibayangkan, jika ada 42 pohon yang ditebang, berapa harganya. Makanya kami akan terus mendata terkait hal ini,” jelas Kabid Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekosistem Dishut Provinsi Jatim Toat Tridjono.

(rt/zak/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia