Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Sebab Capaian Retribusi Pada Triwulan Pertama Minim

11 April 2019, 12: 50: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SEPI: Beberapa orang lalu lalang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Prigi. Mereka menjemput anggota keluarganya pulang mencari ikan di laut.

SEPI: Beberapa orang lalu lalang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Prigi. Mereka menjemput anggota keluarganya pulang mencari ikan di laut. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Triwulan pertama capaian retribusi tempat pelelangan ikan (TPI) belum begitu menggembirakan. Dari target Rp 500 juta tahun ini masih terealisasi Rp 24.925.000 atau sekitar 5 persen dari total beban pendapatan asli daerah (PAD) yang harus dipenuhi. Tak pelak hal ini menjadi salah satu warning bagi organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengampu retribusi TPI ini.

Menurut Plt Kepala Dinas Perikanan Etik Purnawati, hal ini cukup wajar. Sebab, pendapatan dari pos retribusi ini bergantung pada hasil tangkapan ikan nelayan. Untuk itu factor musim dan cuaca sangat menentukan realisasi retribusi ini. “ Tribulan pertama ini baru tercapai Rp 24.925.000 (4,99 %) karena saat ini sedang tidak musim ikan,” terangnya kepada koran ini, kemarin(10/4).

Biasanya –sambung Etik- musim ikan di perairan selatan mulai pada April sampai Desember. Puncak musim ikan biasanya ada pada Juli hingga Oktober. Pihaknya meyakini pada bulan dan musim ikan ini progress capaian retrubusi TPI akan berubah signifikan.

Dia juga menampik, persoalan minimnya capaian retribusi pada triwulan pertama ini karena nelayan nakal.  Sebagaimana sempat terjadi beberapa tahun silam. Sebaliknya, hal ini terjadi karena memang tidak pada musim ikan di  laut selatan Trenggalek. “ Kalau pada tibulan pertama jelas karena factor musim ikan,” tegas dia.

Kendati begitu, dia juga mengatakan bekerjasama dengan pihak keamanan untuk kepentingan optimalisasi capaian realisasi retribusi TPI.  Di sisi lain juga memberikan sejumlah penjelasan atau sosialisasi kepada para stakeholder terkait pentingnya retribusi ini.

(rt/muh/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia