Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Segini Jatah Dana Bos yang Bakal Diterima Setiap Siswa Dalam 1 Tahun

11 April 2019, 14: 55: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

TULUNGAGUNG – Pemerintah melalui dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga (dispendikpora) memastikan pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan I untuk tingkat SMP segera rampung.

Nantinya setiap lembaga sekolah menerima besaran dana sesuai dengan jumlah siswa yang memiliki nomor induk siswa nasional (NISN) valid. Sasarannya adalah seluruh satuan pendidikan baik negeri maupun swasta.

Kepala Sub Bagian Program Perencanaan Dispendikpora Tulungagung, Heri Purnomo menjelaskan, setiap siswa mendapat jatah sebesar Rp 1 juta per tahun. Dana ini bertujuan untuk membantu dalam peningkatan mutu pendidikan.

Disinggung mengenai penyaluran dana BOS, pria ramah ini merinci setidaknya untuk tahun ini ada tiga jenis dana BOS. Yakni BOS reguler, BOS afirmasi, dan BOS kinerja. Lebih rinci, BOS reguler merupakan bantuan yang selama ini bergulir. Pencairannya dilakukan tiap triwulan. Adapun BOS kinerja diberikan pada sekolah yang berhasil meningkatkan mutu. Sementara BOS afirmasi adalah bantuan yang diberikan pada sekolah-sekolah yang berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). “Untuk Tulungagung hanya ada BOS reguler dan kinerja. BOS kinerja ini semacam reward untuk sekolah yang berhasil meningkatkan mutu. Namun sampai sekarang belum mendapat juknisnya, baru juknis BOS reguler saja,” terangnya.

(rt/nda/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia