Senin, 21 Oct 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Melihat Pengamanan Di 17 April Mendatang

12 April 2019, 15: 15: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

BLITAR KABUPATEN -  Jelang hari pencoblosan Pemilu serentak 2019, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di seluruh Kabupaten Blitar, bakal dikerahkan pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 atau coblosan yang digelar pada 17 April mendatang. Linmas  nantinya akan ditugaskan untuk menjaga kotak dan surat suara serta selama proses coblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepala Satpol Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Blitar Suyanto mengatakan, pihaknya nantinya akan menyiapkan sekitar 10.966 Satlinmas untuk ikut mengamankan jalannya Pemilu 2019. “Nantinya personil satlinmas akan diperbantukan untuk ikut mengamankan coblosan bersama polisi,” ungkapnya.

Saat ini penyerahan secara resmi personil satlinmas, ke pihak kepolisian (untuk diperbantukan), telah dilakukan  beberapa hari lalu. Itu ditandai dengan apel siaga yang dipimpin langsung bupati Blitar. Ia juga menambahkan, sedangkan untuk penataan personil satlinmas akan diserahkan kepada kepolisian. “Seperti apa sistem mekanisme pengamanan, kami serahkan ke pihak kepolisian,” ujarnya.

  Dia menjelaskan jumlah total satlinmas tersebut, nantinya akan dibagi dua yakni untuk diperbantukan di Polres Blitar dan Polres Blitar Kota. Rinciannya sebanyak 3.485 personil Satlinmas akan diperbantukan di Polres Blitar Kota, nantinya personel tersebut akan ditugaskan di enam kecamatan di 77 desa/kelurahan. “Di wilayah tersebut akan bertugas di 1.520 TPS,” jelasnya.

Sedangkan sebanyak 7.481 personil Satlinmas akan diperbantukan di  Polres Blitar akan bertugas di 16 kecamatan yang terdiri dari 171 desa/kelurahan dan ditempatkan di masing-masing TPS, sebanyak 3.233 TPS. “Dengan diperbantukan ribuan satlinmas yang bertugas di masing-masing TPS, kami berharap pemilu 2019 di Kabupaten Blitar, berjalan lancar,” imbuhnya.  

(rt/kan/abd/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia