Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Polres Trenggalek Amankan Delapan Terduga Pelaku Penebangan Sonokeling

12 April 2019, 16: 43: 55 WIB | editor : Didin Cahya FS

MENDEKAM : Delapan pelaklu pembalakan sonokeling di jalur nasional Trenggalek-Tulungagung.

MENDEKAM : Delapan pelaklu pembalakan sonokeling di jalur nasional Trenggalek-Tulungagung. (ZAKI JAZAI/ RADARTULUNAGUNG.ID)

 TRENGGALEK- Delapan terduga pelaku pembalakan liar kayu sonokeling disepanjang jalan nasional Tulungagung- Trenggalek diamankan Satreskrim Polres Trenggalek. Hal itu terkuak setelah Satreskrim Polres Trenggalek melakukan penyelidikan terkait hilangnya pohon disepanjang jalan terseebut.

Berdasarkan informasi yang didapat di lapangan, kedelapan terduga pelaku tersebut tiba di Mapolres Trenggalek sekitar pukul 13.30 Jumat (12/4). Mereka dibawa petugas dengan empat mobil, bersamaan barang bukti berupa satu unit sepeda motor, satu unit mobil, serta satu unit truk yang berisikan potongan kayo sonokeling."Tungga penyelidikan lebih lanjut, sebab kami baru sampai dan masih melakukan pendalaman," ungkap Kasatreskrim Polres Trenggalek AKP Sumi Andana.

Dia melanjutkan, kedelapan terduga pelaku tersebut ditangkap dari berbagai wilayah se eks Karisidenan Kediri, meliputi wilayah Tulungagung, Kediri dan sebagainya. Nantinya Satreskrim Polres Trenggalek akan melakukan gelar perkara untuk menentukan status hukum terduga pelaku."Tunggu hasil gelar perkara saja, sebab kami belum menentukan status hukum mereka," katanya.

Sehingga untuk hasil penyelidikan selanjutnya serta penentuan status hukum teerduga pelaku akan disampaikan setelah gelar perkara. Kemungkinan hal itu akan dilakukan secepatnya. "Sabar dulu, tentu saja hasil keseluruhannya akan kami sampainya menyeluruh,"jelasnya.

Seperti yang dibertikakan, selain di Tulungagung, pembalakan liar kayu sonokeling juga terjadi di wilayah Trenggalek. Buktinya, Selasa (8/4) lalu tim gabungan dari Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jatim dan pihak terkait meelakukan pengecekan bekas potongan kayu sonokeling. Dari situ didapatkan total sekitar 42 kayu sonokeling hilang. 

(rt/zak/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia