Minggu, 26 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Salah Satu Manfaat Ikut Pameran Bagi Industri Kreatif Barongan

13 April 2019, 10: 10: 59 WIB | editor : Retta wulansari

BErniLAi juAL Tinggi : Supriyo menunjukan barongan buatannya.  Pemasaran barongan sudah capai lingkup jatim, jateng dan batam.

BErniLAi juAL Tinggi : Supriyo menunjukan barongan buatannya. Pemasaran barongan sudah capai lingkup jatim, jateng dan batam. (SITI NURUL LAILIL M/RATU)

TULUNGAGUNG - Industri kreatif pada dasarnya kerajinan berbasis budaya. Di kabupaten Tulungagung, industri kreatif ini jumlahnya cukup banyak dan berbeda-beda produk. Salah satunya yang masih eksis di era modern seperti ini, yakni kerajinan barongan.

Tentu setiap pengrajin memiliki hasil produk kerajinan berbeda-beda dan memiliki ciri khas masing-masing. Tak heran, keberadaannya seringkali menjadi produk unggulan desa asal pengrajin tersebut.

Salah satu pengrajin barongan Supriyo warga Desa Jatimulyo, Kecamatan Kauman mengatakan, hasil barongan buatannya sering kali ikut pameran. Baik di tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten. Kata dia, pameran tersebut memberikan dukungan pemasaran meskipun hasilnya tak signifikan. Tapi pemasaran barongan miliknya sudah capai lingkup Jawa timur, Jawa Tengah dan Batam. "Setidaknya dari pameran ini, lebih dikenal. Jikapun banyak pemesan, tentunya hasil yang didapat juga banyak dan bisa meningkatkan ekonomi pengrajin," tandasnya.

(rt/lai/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia