Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Empat Orang Jadi Tersangka Dugaan Pembalakan Liar Sonokeling

15 April 2019, 02: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

RUGIKAN NEGARA : Tunggak pohon kayu sonokeling yang ada di pinggir ruas jalan Tulungagung- Trenggalek masuk Desa Karangsoko yang diduga sebagai bekas pembalakan liar.

RUGIKAN NEGARA : Tunggak pohon kayu sonokeling yang ada di pinggir ruas jalan Tulungagung- Trenggalek masuk Desa Karangsoko yang diduga sebagai bekas pembalakan liar. (ZAKI JAZAI/ RADARTULUNAGUNG.ID)

TRENGGALEK- Penyelidikan terhadap delapan orang terduga pelaku pembalakan liar pohon kayu sonokeling di wilayah Kota Keripik Tempe terus dilakukan. Hasilnya polisi menetapkan empat dari delapan terduga pembalak liar menjadi tersangka. Padahal sebelumnya, mereka hanya berstatus saksi.

Kasat Reskrim Polres Trenggalek AKP Sumi Andana mengatakan, setelah menangkap delapan orang terduga pelaku pembalakan liar tersebut polisi telah melakukan pendalaman, hingga dilakukan gelar perkara. Dari situ penyidik memutuskan untuk meningkatkan status keempat pelaku dari sebelumnya saksi, menjadi tersangka. Sedangkan untuk empat lainnya masih menjadi saksi. ”Kendati menjadi saksi, kami akan terus melakukan pemantauan terhadap mereka. Sebab mereka adalah saksi kunci dalam kasus ini,” katanya.

Penetapan empat tersangka pun bukan tanpa alasan. Polisi mengaku mendapat cukup bukti mengenai siapa yang mengatur dan merencanakan aksi pembalakan liar tersebut. Sedangkan empat orang lain, tidak tahu menahu, atas persengkokolan jahat yang dilakukan empat tersangka. ”Empat orang yang statusnya masih sebagai saksi, hanya diminta membantu aksi itu, dan tidak tahu apa tujuannya,” ungkapnya.

Kendati demikian, polisi terus mengembangkan proses penyelidikan terkait tindak kejahatan ini. Hasilnya, saat ini penyidik mendapatan satu identitas yang diduga terlibat dalam aksi tersebut yang berpotensi menjadi tersangka tambahan. Sehingga nantinya dalam waktu secepatnya polisi akan memanggil seorang terduga pelaku tersebut untuk dimintai keterangan tentang keterlibatannya tentang permasalahan ini.

Sedangkan, terkait identitas empat terduga pelaku yang statusnya telah ditingkatkan sebagai tersangka, pria yang akrab disapa Andana ini enggan membeberkannya. Sebab pengembangan terkait hal ini terus dilakukan. Kendati demikian, dari empat tersangka tersebut satu di antaranya berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS), satu tersangka pensiunan PNS, sedangkan sisanya masyarakat umum biasa. ”Keempat tersangka telah ditahan, dan kami akan terus mengembangkan kasus ini,” jelasnya.

Seperti yang diberitakan delapan terduga pelaku pembalakan liar kayu sonokeling disepanjang jalan nasional Tulungagung- Trenggalek diamankan Satreskrim Polres Trenggalek. Hal itu terkuak setelah Satreskrim Polres Trenggalek melakukan penyelidikan terkait hilangnya pohon disepanjang jalan terseebut. Berdasarkan informasi yang didapat Jawa Pos Radar Trenggalek, kedelapan terduga pelaku tersebut tiba di Mapolres Trenggalek sekitar pukul 13.30. Mereka dibawa petugas dengan empat mobil, bersamaan barang bukti berupa satu unit sepeda motor, satu unit mobil, serta satu unit truk yang berisikan potongan kayo sonokeling.

(rt/zak/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia