Selasa, 21 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Ini yang Sebabkan Beberapa Sekolah Belum Bisa Laksanakan UNBK Mandiri

15 April 2019, 15: 05: 59 WIB | editor : Retta wulansari

TERBILANG LANCAR: Para peserta UNBK sedang fokus mengerjakan soal. Dalam pelaksanaan UNBK SMA SMK ada banyak catatan yang menjadi bahan evaluasi kedepan.

TERBILANG LANCAR: Para peserta UNBK sedang fokus mengerjakan soal. Dalam pelaksanaan UNBK SMA SMK ada banyak catatan yang menjadi bahan evaluasi kedepan. (SITI NURUL LAILIL/RATU)

TULUNGAGUNG - Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk tingkat SMA/SMK telah usai. Meski UNBK bukan penentu kelulusan, namun para penyelenggara maupun peserta serius menghadapi ujian. Yang mana UNBK sendiri bertujuan untuk pemetaan sekolah, untuk mengetahui kemajuan sekolah, atau bahkan untuk mengetahui kemajuan pendidikan dalam jenjang tersebut.

Dari dua pekan pelaksanaan UNBK tersebut, tentu ada beberapa catatan khusus yang dijadikan bahan evaluasi, dengan bertujuan untuk menuju perbaikan pada tahun selanjutnya. Utamanya terkait sarana dan prasarana.

Kasi SMA,SMK dan pembinaan pendidikan khusus dan layanan khusus (PKLK) Dinas Provinsi Jawa Timur Wilayah Tulungagung-Trenggalek, Subagyo mengatakan, untuk pelaksanaan UNBK baik tingkat SMA maupun SMK masih didapati sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK mandiri.

Belum mandirinya UNBK itu karena masih terbatasnya sarpras seperti komputer atau klient. Untuk solusinya, menumpang di beberapa sekolah yang memiliki sarpras yang memadai. Misalnya untuk SMK, ada SMK YP 17 Tulungagung dan SMK Al Badar yang menumpang di SMKN 1 Boyolangu. Sedangkan untuk SMA, ada SMA PGRI 5 Tulungagung yang menumpang di SMA PGRI Kalangbret. “Overall sudah 100 persen UNBK, walaupun ada yang menumpang,” katanya

(rt/lai/rak/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia