Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Simak Beberapa Catatan Untuk Penyelenggaraan UNBK Tahun Ini

15 April 2019, 15: 35: 59 WIB | editor : Retta wulansari

PERLU EVALUASI : Salah satu helpdesk SMK Tulungagung sedang mengecek kesiapan client peserta untuk UNBK beberapa waktu lalu.

PERLU EVALUASI : Salah satu helpdesk SMK Tulungagung sedang mengecek kesiapan client peserta untuk UNBK beberapa waktu lalu. (SITI NURUL LAILIL/RATU)

TULUNGAGUNG - Dari dua pekan pelaksanaan Ujian nasional berbasis komputer (UNBK), tentu ada beberapa catatan khusus yang dijadikan bahan evaluasi, dengan bertujuan untuk menuju perbaikan pada tahun selanjutnya. Utamanya terkait sarana dan prasarana.

Helpdesk SMK di Kabupaten Tulungagung, Djunaedi mengatakan pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMK yang dilaksanakan pada Senin (25/3) lalu, secara teknis tak ada kendala apapun. Termasuk, ancaman tidak munculnya soal secara utuh ketika hari terakhir dengan mata pelajaran kejuruan.

Tapi, ada beberapa catatan khusus untuk penyelenggaraan UNBK tahun ini. Yakni selain kurangnya sarpras, kurang koordinasinya progtor sekolah jadi catatannya. Itu seperti yang terjadi ketika sinkronisasi lalu. Yang mana ada progtor yang miskomunikasi sehingga mengharuskan helpdesk mem-back up sinkronisasi tersebut hingga lancar. Padahal, sinkronisasi sangat penting dalam penyelenggaraan UNBK. Dimana, sinkronisasi tersebut dilakukan untuk menyelaraskan sistem antara server sekolah dengan server pusat. Selain itu, sinkronisasi juga untuk mengunduh file soal UNBK SMK serta data peserta. “Ya ada sih, karena miskomunikasi. Tapi kita langsung back up dan setengah jam beres,” katanya

Pria paro baya ini melanjutkan, dalam pelaksanaan UNBK ini, para progtor maupun teknisi IT tiap sekolah sebelumnya sudah diberikan pelatihan agar tidak ada kesalahan teknis yang sengaja dilakukan oleh progtor itu sendiri. Bahkan meminta para progtor untuk terus koordinasi dengan progtor maupun helpdesk kabupaten. “Kami sebagai helpdesk juga punya tanggung jawab untuk menyukseskan UNBK ini. Jadi ketika ada masalah pun kita siap untuk mem-backup-nya," terangnya

(rt/lai/rak/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia