Minggu, 25 Aug 2019
radartulungagung
icon-featured
Ekonomi

Harga Bawang Merah Rp 40-45 Ribu Per Kg, Terus Naik Jelang Ramadan

15 April 2019, 18: 19: 17 WIB | editor : Didin Cahya FS

NAIK : Pedagang di Pasar Legi Blitar menunjukkan bawang merah, Senin (15/4).

NAIK : Pedagang di Pasar Legi Blitar menunjukkan bawang merah, Senin (15/4). (MUHAMMAD SUBCHAN/RADARTULUNGAGUNG.ID)

 BLITAR KOTA - Beberapa hari terakhir ibu-ibu rumah tangga harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membeli kebutuhan bumbu dapur. Sebab, harga bawang merah saat ini tembus mencapai Rp 40-45 ribu per kilogram. 

Harga bawang merah tersebut mulai merangkak naik sejak sepekan terakhir. Dari sebelumnya harga bawang merah berkisar Rp 25-30 ribu per kilogram. Diprediksi harga bawang merah akan terus naik menjelang Ramadan yang tinggal tiga minggu lagi ini. 

Mujiati, pedagang sayur dan bumbu dapur di Pasar Legi ini mengatakan, harga bawang merah mulai meroket sudah seminggu terakhir. Hampir setiap hari harga berangsur-angsur naik. "Naik terus ini. Mungkin besok bisa naik lagi," katanya. 

Dia mengatakan, kenaikan harga tersebut karena pasokan bawang merah berkurang dari pengepul. Di samping itu, panen belum melimpah dari petani. "Mungkin panennya sedikit. Saya biasa ambil dari wilayah Nganjuk," terang perempuan 60 tahun ini. 

Selain bawang merah, bawang putih juga merangkak naik seminggu terakhir. Dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram, sekarang dijual Ro 35 per kilogram. Akibat kenaikan harga itu, Mujiati harus mengurangi pasokannya. "Yang biasanya bawang merah bisa beli dua sampai tiga warung, sekarang satu karung saja. Menghemat," katanya. 

Itu dilakukan karena penjualan juga tidak begitu ramai. Sehingga pedagang tidak berani menyetok banyak bawang merah maupun bawang putih. Pedadang lebih memilih mengurangi stoknya sambil menunggu harga kembali normal di pasaran. 

Pedagang lain, Aan mengatakan, harga bawang merah dan bawang putih nemang sedang mahal. Untuk bawang merah berkisar Rp 35-40 ribu per kilogram. Sedangka harga normalnya Rp 20-25 kilogram. 

Sementara itu, untuk bawang putih dari harga normal Rp 25 ribu per kilogram saat ini naik menjadi Ro 40 ribu per kilogram. "Mungkin inj nanti naik terus. Apalagi, selisih harga di antara pasar lain juga tipis. Kalau harga bawang merah yang di jual di kuar Pasar Legi lebih mahal. Memang pedagang rata-rata kulakan di Pasar Legi," tandasnya. 

(rt/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia