Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Jika Dilakukan Secara Berkala, Hal Ini Lebih Efektif Daripada Fogging

16 April 2019, 15: 08: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (Jawapos.com)

TULUNGAGUNG - Fogging atau pengasapan merupakan salah satu cara membunuh nyamuk pembawa virus dengue yang mengakibatkan penyakit demam berdarah. Pengasapan ini dapat membuat nyamuk Aedes aegypti yang bersarang di dalam rumah mati. Meski terbilang efektif dalam menekan angka DBD, melakukan fogging tak bisa sembarangan. Fogging harus dilakukan dan diawasi dengan tepat agar nyamuk sebagai vektor virus dengue bisa mati. Hal itu diungkapkan Kasi Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung Didik Eka Sunarja Putra.

Pria berkumis ini mengimbau warga untuk gencar melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Yakni gerakan 3M plus dan satu rumah satu jumantik. PSN dilakukan secara berkala, setidaknya seminggu sekali lakukan pemeriksaan dan buang genangan air di setiap tempat yang rawan dijadikan sarang nyamuk. Membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai agar tidak dijadikan sarang nyamuk. Menutup wadah atau tempat-tempat penampungan air agar nyamuk tidak bisa masuk dan bertelur. “Daripada fogging, lebih efektif melakukan PSN secara berkala,” tandasnya

Sementara itu, salah satu warga Masruroh mengatakan, kekhawatiran terhadap kasus DBD membuatnya meminta untuk dilakukan fogging di kawasan rumahnya. Meski dia tahu fogging hanya membunuh nyamuk dewasa, setidaknya mengurangi vektor nyamuk Aedes aegypti. “Ya khawatir juga tertular karena DBD ini bisa menularkan melalui vektor nyamuk dan siapapun bisa berisiko,” kata warga Desa/Kecamatan Kedungwaru ini.

(rt/rak/lai/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia