Senin, 16 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Sportainment

Gunakan Cara Ini Agar Bisa Perpanjang Usia Flashdisk

17 April 2019, 15: 14: 59 WIB | editor : Retta wulansari

MUNGIL: Flashdisk mampu menyimpan banyak data. Benda ini juga praktis dibawa kemana saja.

MUNGIL: Flashdisk mampu menyimpan banyak data. Benda ini juga praktis dibawa kemana saja. (WHENDY GIGIH PERKASA/ RADAR BLITAR)

BLITAR - Seiring perkembangan zaman, perangkat penyimpan data juga ikut berubah. Dulu, ada perangkat berupa disket untuk menyimpan data. Kini, sudah muncul flashdisk. Ini menjadi salah satu primadona baru dikalangan masyarakat, khususnya dalam dunia teknologi informasi (TI).

Sebenarnya, tidak sulit untuk memperpanjang usia flashdisk. Beberapa cara bisa dilakukan. Di antaranya menjauhkan dari suhu terlalu ekstrem. “Suhu terlalu panas ataupun dingin, membuat perangkat di dalam flashdisk rusak,” ujar Andika, salah seorang yang paham dengan dunia TI.

Bapak satu anak ini melanjutkan, hal lain penyebab rusaknya flashdisk, yakni berada dalam medan magnet tinggi. Misalnya speaker, TV. Sebaiknya, dijauhkan agar penyimpanan data tidak terganggu.

Hal sepele lain, yakni menutup flashdisk. Tujuannya, agar debu ataupun kotoran lain tidak masuk, termasuk dalam lubang penghubug port USB. Jika terlalu banyak debu, maka mengganggu koneksi. “Ketika koneksi ini terganggu, penyimpanan ataupun proses pemindahan data, tidak akan maksimal. Flasdidk pun mudah rusak,” jelasnya.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memperpanjang masa pakai flashdisk, selalu eject flashdisk. Yakni sebelum mencabutnya dari laptop ataupun komputer. Artinya, tidak langsung dicabut setelah digunakan.

Ada cukup banyak alasan orang memilih menggunakan flashdisk untuk menyimpan data. Paling utama yakni praktis. Ukuran flashdisk yang mungil, membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, kapasitas penyimpanan besar dan bisa menyimpan beragam dokumen ataupun data dalam berbagai format. Misalnya foto format JPG, video, MP3, word, dan lain sebagainya. “Kecil, praktis, mudah dibawa, mampu menyimpan banyak data,” ungkap Wawan Februanto, salah seorang pemakai flasdisk.

(rt/whe/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia