Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Siapkan Personel Brimob Agar Surat Suara Terkirim ke TPS

17 April 2019, 17: 30: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

Wakapolda Jawa Timur (Jatim) Brigjen Pol Toni Harmanto

Wakapolda Jawa Timur (Jatim) Brigjen Pol Toni Harmanto (ZAKI JAZAI/ RADARTULUNAGUNG.ID)

TULUNGAGUNG- Pengamanan pemilu yang digelar hari ini (17/4) terus disiapkan. Bahkan, aparat keamanan terus siap siaga. Ini dilakukan agar pesta demokrasi yang diselenggarakan setiap lima tahun tersebut terhindar dari konflik karena tidak menutup kemungkinan kondisi tersebut bisa terjadi. Seperti yang diungkapkan Wakapolda Jawa Timur (Jatim) Brigjen Pol Toni Harmanto.

 

Menurut dia, beberapa wilayah di Jatim memiliki daerah yang berpotensi terjadi tindakan yang mengganggu keamanan pada pelaksanaan dan pasca-Pemilu 2019. Kendati demikian, hal itu bukan berarti membuat daerah yang tidak berpotensi terjadi gangguan keamanan tidak melakukan persiapan guna menanggulanginya. “Makanya, hari ini (kemarin, Red) saya berkunjung di sini (Trenggalek, Red) untuk meninjau kesiapan akan hal itu,” katanya.

 

 

Dia melanjutkan, berdasarkan paparan yang dilakukan petugas keamanan di Trenggalek, potensi kegiatan yang mengganggu keamanan sangat minim dibandingkan daerah di Jatim lainnya. Seperti wilayah tapal kuda dan Madura. Kendati demikian, Polda Jatim tetap menyiagakan personel yang siap diterjunkan jika sewaktu-waktu terjadi kerusuhan. Baik ketika penyelenggaraan pemilu atau pascapemilu. “Kami telah menyiapkan anggota brimob, dalmas, dan sebagainya untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan keamanan, khususnya di daerah yang rawan,” tuturnya.

 

Sedangkan, paparan yang diberikan Polres Trenggalek, pihak polres siap melakukan pengamanan terkait pelaksanaan pemilu. Sebab, pengamanan sudah dilakukan sebelum pelaksanaan mulai dari pengawalan pendistribusian logistik, pengecekan tempat pemungutan suara (TPS), hingga patroli rutin yang dilakukan petugas. Jadi, kemungkinan dengan hal itu jika ada gejolak di masyarakat yang berpotensi mengganggu keamanan bisa segera diatasi. “Untuk wilayah di sini (Trenggalek, Red) relatif aman, tapi tetap saya perintahkan bagi anggota agar tetap selalu waspada,” jelas jenderal polisi bintang satu ini.

 

(rt/zak/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia