Jumat, 24 May 2019
radartulungagung
icon featured
Blitar

Wakil Gubernur Bangga, Bupati dan Wabup Ikut Coblosan

Pemilu 2019 Berjalan Lancar dan Sukses

18 April 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Retta wulansari

GUNAKAN HAK PILIH: Bupati Rijanto bersama Ny Ninik Rijanto dan keluarga besar, mengikuti coblosan di TPS 17 Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

GUNAKAN HAK PILIH: Bupati Rijanto bersama Ny Ninik Rijanto dan keluarga besar, mengikuti coblosan di TPS 17 Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

BLITAR KABUPATEN – Pelaksanaan pemungutan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, pemilihan presiden (pilpres), DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota di Kabupaten Blitar, berjalan lancar dan sukses. Pasalnya, pemungutan suara yang digelar serentak di 22 kecamatan tersebut, berlangsung tanpa kendala dan tingkat partisipasi warga menggunakan hak pilihnya tinggi.

Setelah Gubernur Khofifah Indar Parawansa melakukan monitoring pada H-1 coblosan di Pendapa Ronggo Hadinegoro, pada Selasa (16/4). Pada pemungutan suara Rabu (17/4), giliran Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, melakukan monitoring pelaksanaan coblosan di TPS 007 Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro. Pada kesempatan itu, orang nomor dua di Jawa Timur, mengapresiasi usaha dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, yang ikut mensosialisaikan Pemilu 2019, sehingga pemungutan suara berjalan lancar dan sukses. “Sampai dengan pukul 11.30 WIB, angka partisipasi pemilih rata-rata di Kabupaten Blitar sudah mencapai 75-80 persen, saya sangat bangga karena tingkat partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya sangat tinggi,” ungkap Emil Elestianto Dardak.

Menurut dia, secara garis besar pelaksanaan pencoblosan di Kabupaten Blitar, berjalan efisien, tertib, lancar, dan kondusif. Selain itu, ia juga mengingatkan kepada saksi yang ada di masing-masing TPS untuk memantau keberadaan surat suara, baik yang sisa maupun surat suara yang dinyatakan tidak sah.

Sebelumnya, Bupati Rijanto bersama Wakil Bupati Marhaenis Urip Widodo mengikuti coblosan di tempat tinggalnya masing-masing. Bupati Rijanto mengikuti coblosan di TPS 17 Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Sedangkan, Wabup Marhaenis UW bersama keluarga besarnya, mengikuti coblosan di TPS 17 Desa Bendosewu, Kecamatan Talun.

Bupati Blitar Rijanto mengatakan, berdasarkan pantauannya di beberapa titik, proses pemungutan suara di TPS yang ada di Kabupaten Blitar berjalan dengan lancar. “Saya berharap, kondisi ini bisa terus terjaga hingga proses Pemilu 2019 selesai dilakukan,” harapnya.

Sementara itu, Wabup Marhaenis UW mengatakan, partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019, cukup bagus seperti halnya di TPS tempat dia mencoblos saat itu. Hal ini tak lepas dari peran serta Pemkab Blitar dalam membantu KPU menyukseskan pemilu. “Jauh-jauh hari, berbagai kegiatan telah dilakukan Pemkab Blitar untuk sosialisasi dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019 dan pilpres,” imbuhnya.

Pemberitaan pemungutan suara, serta kunjungan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, dipersembahkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Blitar. 

SUDAH COBLOSAN: Wakil Bupati Marhaenis UW bersama Ny Sri Unaryati Marhaenis menunjukkan surat suara.

SUDAH COBLOSAN: Wakil Bupati Marhaenis UW bersama Ny Sri Unaryati Marhaenis menunjukkan surat suara. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

LANCAR PAK: KPPS TPS 007 Desa Kuningan menjelaskan jalannya pemungutan suara kepada Wagub Emil Elestianto Dardak.

LANCAR PAK: KPPS TPS 007 Desa Kuningan menjelaskan jalannya pemungutan suara kepada Wagub Emil Elestianto Dardak. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

GUYUB: Wagub Emil Elestianto Dardak (depan, empat dari kanan) dan Bupati Rijanto, foto bareng usai memantau pelaksanaan coblosan di TPS 007 Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro.

GUYUB: Wagub Emil Elestianto Dardak (depan, empat dari kanan) dan Bupati Rijanto, foto bareng usai memantau pelaksanaan coblosan di TPS 007 Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

MONITORING: Wagub Emil Elestianto Dardak berada di TPS 007 Desa Kuningan.

MONITORING: Wagub Emil Elestianto Dardak berada di TPS 007 Desa Kuningan. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

JARI UNGU: Wakil Bupati Marhaenis UW bersama Ny Sri Unaryati Marhaenis menunjukkan jari usai dicelupkan tinta.

JARI UNGU: Wakil Bupati Marhaenis UW bersama Ny Sri Unaryati Marhaenis menunjukkan jari usai dicelupkan tinta. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

IKUT PANTAU: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat monitoring pada H-1 coblosan di Pendapa Ronggo Hadinegoro (16/4).

IKUT PANTAU: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat monitoring pada H-1 coblosan di Pendapa Ronggo Hadinegoro (16/4). (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

KOMPAK: Keluarga besar Wakil Bupati Marhaenis UW sebelum menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019.

KOMPAK: Keluarga besar Wakil Bupati Marhaenis UW sebelum menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

(rt/yan/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia