Selasa, 21 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Rekap PPK Ditarget 8 Hari

20 April 2019, 12: 20: 59 WIB | editor : Retta wulansari

KEBUT PENGHITUNGAN: Suasana rekapitulasi perolehan suara tingkat PPK di Kecamatan Kanigoro.

KEBUT PENGHITUNGAN: Suasana rekapitulasi perolehan suara tingkat PPK di Kecamatan Kanigoro. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

BLITAR – Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dipastikan ngelembur hingga delapan hari. Pasalnya rakapitulasi perolehan suara dalam Pemilu 2019 di tingkat kecamatan atau PPK dijadwalkan berlangsung hingga delapan hari.

Hal itu sesuai PKPU No 7 tahun 2019 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017. Yakni tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, menjelaskan bahwa rekap tingkat PPK secara nasional sejatinya di mulai 18-4 mei 2019.

 Namun untuk di Kabupaten Blitar rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019, mulai dari pemilihan presiden, pemilihan DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota, dimulai serentak pada 19-26 April 2019. “Rekapitulasi tingkat PPK ditargetkan delapan hari, mulai 19 April dan 26 April dijadwalkan rekap di seluruh kecamatan selesai,” ungkap Masrukin, Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Blitar.

 Menurut dia lamanya waktu yang diberikan, karena rekap perolehan suara tingkat kecamatan, membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Sebab rekapitulasi yang dilakukan secara menyeluruh, mulai dari perolehan suara pilpres hingga perolehan suara calon legislative tingkat DPRD Kabupaten/Kota. Bahkan saking banyaknya yang direkap, pihaknya menargetkan minimal satu hari hanya menyelesaikan satu desa. “Estimasinya satu desa harus sudah terselesaikan dalam waktu sehari,” jelasnya.

 Dia menjelaskan setelah menyelesaikan rekapitulasi tingkat kecamatan, selang satu hari langsung digelar rekapitulasi tingkat KPU Kabupaten Blitar digelar pada 28 April sampai 2 Mei. “Kalau merujuk jadwal pusat, rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten dimulai 20 April-7 mei,” ucapnya.

(rt/abd/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia