Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

13.593 Siswa SD Ikut USBN, Tiga Mapel yang Akan Diujikan

22 April 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

ILUSTRASI

ILUSTRASI

TULUNGAGUNG- Untuk tingkat SD, Senin (22/4) merupakan hari pertama dilaksanakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Diperkirakan sebanyak 13.593 siswa kelas VI akan mengikuti USBN yang akan berlangsung 24 April mendatang.

Plt Kepala Bidang Pembinaan SD Dispendikpora Tulungagung, Bina Andari Nurmaning mengungkapkan, terdapat tiga mata pelajaran (mapel) yang akan diujikan pada USBN. Yakni matematika, bahasa Indonesia, dan IPA. “Jumlah peserta tahun ini lebih banyak dibanding sebelumnya. Saya berharap seluruh persiapan yang sudah dilakukan seperti pendalaman materi dan tryout dapat membantu siswa dalam ujian,” jelasnya.

Dispendikpora mencatat, setidaknya USBN kali ini akan diikuti sebanyak 654 lembaga SD negeri maupun swasta. Mengenai format ujian tidak ada perubahan. Yakni ujian berbasis kertas (based on paper test). Itu dikarenakan masih banyak lembaga yang belum siap untuk melaksanakan ujian berbasis kertas. Sementara untuk format soal ujian, yakni pilihan ganda dan esai. Seperti halnya UNBK SMP, USBN kali ini sebagai salah satu syarat penentu kelulusan. Untuk itu ia berharap seluruh siswa dapat mengikuti dengan baik.

(rt/nda/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia